Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2019

Mudahnya Temukan Produk Handmade Online

Barangkali ada yang begitu menyukai benda-benda berbau handmade, dan saya adalah salah satu penyuka produk handmade. Alasannya karena memang produk jenis ini seringkali unik dan minim di pasaran, dibuat secara langsung oleh tangan-tangan pengrajin dan tentunya dengan sentuhan kreativitas yang mungkin kita sendiri pun tidak mampu membuatnya. Bayangkan jika produk yang kita gunakan didesain dan dikerjakan oleh orang lain dengan sepenuh hatinya, terlebih lagi jika produk itu dikerjakan dengan menghabiskan waktu si pengrajin berhari-hari, wah sebagai konsumen merasa istimewa yah.

Selain itu membeli produk handmade artinya berdonasi kepercayaan kepada produk lokal. Produk lokal memang sudah semestinya diapresiasi dan didukung agar mampu mengangkat perekonomian daerah sendiri, tentunya bangga ya jika produk daerah sendiri bisa maju, berkembang dan mendunia? Namun kendala yang acap kali saya temui adalah produk lokal yang dijajakan tidak memenuhi selera konsumen yang penuh dengan aroma inov…

Cerpen : Kembalikan Rumahku!!!

Kalei, pemuda itu, jemari tangannya yang kurus terus saja menggenggam kayu bulat yang panjangnya sekitar lebih dari 3 meter, genggaman tangannya memberikan aliran energi pada kayu tersebut untuk terus mendorong sampan miliknya menjauhi daratan, jauh dari jembatan papan yang biasa digunakan sebagai tempat bersandar sampan-sampannya, ia menaiki kayu bermesin tersebut, di dalam sampannya telah terdapat sebuah kurungan kecil dari bambu, sampannya memberi jarak pada rumah-rumah panggung yang dari kejauhan terlihat berantakan, menerabas ombak-ombak tipis di laut kebiruan. Seperti biasanya Kalei akan menemui saudaranya di pulau lain, pulau dengan daun-daun hijau nan cantik milik pohon-pohon bakau yang berkumpul di sepanjang pesisirnya. Saudaranya itu, yang dahulu bersamanya memperjuangkan  keberlanjutan hidup dan keseimbangan alam, sepekan saja tak berkunjung akan meninggalkan rindu yang tak terestimasi. Hingga saat ini ia masih terus konsisten melakukan konservasi bagi hutan bakau. Kalei m…

8 Tips Sederhana Agar Skripsi Cepat Kelar

sumber gambar : hipwee.com



Siapa sih yang nggak pengen cepat kelar kuliah. Gak pengen lah kan jadi senior paling senior di kampus dan dijulukin mahasiswa abadi?  Bukan malu sama cibiran orang lain lagi sih, tapi ya malu sama diri sendiri juga yang udah ditinggal sama teman-teman seangkatan, dan malu sama waktu yang udah diberikan oleh Allah SWT.

Apasih sebenarnya yang menyebabkan seseorang nggak kelar-kelar kuliahnya? Nah, seringkali skripsi lah yang menjadi sebab musebab itu, entah kesandung dosen yang super killer dan super perfectionis, dosen yang jarang di kampus karena sering terbang kemana-mana (bukan burung kakak tua ya, hehe), judul skripsi yang udah terlanjur diambil orang duluan (untung bukan jodoh, ‘eh), kebentur sama kesibukan jadwal di luar kampus (biasanya buat para aktivis nih), tema skripsi yang emang langka dan lain sebagainya.

Emang banyak sebab yang bisa membuat skripsi nggak kelar-kelar, terlebih karena ngerjain skripsi ini emang butuh waktu yang relatif panjang da…

Kontribusi adalah Identitas Pemuda

Apasih sih pentingnya identitas ?
Tentu berbeda pemahaman setiap orang tentang identitas dan pentingnya identitas. Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI),  identitas artinya ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang. Maka bisa dikatakan bahwa seseorang yang memiliki identitas berarti ia memiliki ciri atau keadaan khusus yang menjadikannya beridentitas terhadap sesuatu. Apakah kamu adalah pemuda Indonesia yang berbendera merah putih? Bagaimana kamu mengakui bahwa kamu adalah orang Indonesia? Tentu dikarenakan adanya Nomor Induk Kependudukan yang kamu miliki sebagai bentuk identitas  bangsa yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang Indonesia.

Tapi apakah cukup hanya dengan bermodalkan kartu identitas?

*Kartu Tanda Penduduk Republik Indonesia (Sumber : www.rmol.co)


Memang cukup bagi sebagian orang yang hanya menumpang tinggal di Indonesia dan mengaku bendera merah putih namun tidaklah cukup seharusnya bagi pemuda di generasi millennial. Pemuda di generasi millennial memiliki peran pentin…

Petani di Generasi Milennial

Indonesia. Negara ini masih dikenal sebagai Negara agraris yakni adalah negara yang sangat berpotensi dalam bidang pertanian. Maka tidak perlu heran jika sektor pertanian masih merupakan salah satu penyumbang nilai produk domestik bruto (PDB) terbesar bagi Negara. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan II 2017, sektor pertanian terus memberi kontribusi positif untuk perekonomian Indonesia. Menurut BPS, terlihat bahwa besaran produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai Rp 3.366,8 triliun. Jika dilihat dari sisi produksi, pertanian merupakan sektor kedua paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi setelah industri pengolahan. Posisi sektor pertanian pun masih di atas sektor lainnya, seperti perdagangan maupun konstruksi.


Petani merupakan tonggak penting dalam perkembangan sektor pertanian Indonesia. Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tan…

Milad Ke-42 Ponpes Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo Bertabur Agenda

Empat puluh dua tahun bukan waktu yang singkat, selama waktu itulah Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo berproses dan terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.
Kini di tahun ke empat puluh dua ini bisa kita lihat perubahan signifikan dari ponpes ini, dahulu yang hanya merupakan pondok pesantren dengan bangunan yang biasa saja kini telah memiliki bangunan yang megah dan tentunya memberikan kenyamanan yang lebih optimal bagi santriwan dan santriwatinya. Bahkan ponpes ini sudah memiliki cabangnya di Kota Jambi dan Kabupaten Tebo.
Saya sempat bersekolah di TK Islam Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo dan kini saya sudah berumur dua puluh tiga, saya tentu melihat langsung perubahan dari sekolah ini.
Kini di usianya yang ke empat puluh dua, Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo menyuguhkan berbagai macam kagiatan yang sangat menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu yang paling penting, sebuah lembaga tentulah harus bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.


Ber…

Happy Chandra mengisi acara PORSEKA Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo

Rabu, 24 Juli 2019. Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo yang terletak di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi menyelenggarakan agenda PORSEKA (pekan olahraga seni dan pramuka). PORSEKA merupakan rangkaian agenda yang diadakan secara rutin setiap awal tahun ajaran baru dan merupakan agenda penyambutan santri baru bagi Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) serta Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT). Agenda ini pun dihadiri oleh hampir lima ratus orang santri baru yang telah terdaftar.
Adapun tujuan dari kegiatan PORSEKA ini yaitu pertama, untuk melakukan pengenalan kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo. Yang kedua, untuk mempererat atau memperkuat Ukhuwah Islamiyah antar santri baru dan santri lama.
Dalam rangkaian agenda PORSEKA ini, Happy Chandra ikut mengisi acara ini. Seperti yang diketahui Lelaki yang bernama asli Happy Chandarayana, M.I.Kom ini terkenal oleh publik dalam bidang public speaking. Beliau pun sudah sangat sering…

Hidup sehat dengan ramuan tradisional, dari Indonesia untuk Indonesia

Sumber  gambar: lemonilo.com


Hidup sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Bahkan sampai ada yang bilang bahwa sehat adalah salah satu kunci kebahagiaan kehidupan. Betapa tidak, jika kita sehat maka kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan, sedangkan jika tidak sehat alias sakit maka semua aktivitas akan terganggu, kita tidak akan bisa melakukan aktivitas yang amat kita sukai sekalipun, terasa menyedihkan bukan?

Begitu pentingnya kesehatan hingga ada asuransi khusus yang menangani masalah ini. Memang terkadang kesehatan bisa menurun dengan tiba-tiba dan tanpa aba-aba, hari ini kita sehat-sehat saja maka belum tentu esok hari kesehatan kita akan sebaik hari ini, bisa jadi menurun dan bahkan drop sekalipun.

Tapi tahukah kamu kalau kesehatan itu dipengaruhi oleh pola hidup? Kesehatan itu bisa dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan di hari-hari sebelumnya, serta apa yang biasa kita konsumsi pada masa-masa sebelumnya. Maka bisa saya katakan bahwa kesehatanmu di masa depan adalah apa …

Cerpen : Ibu dalam Tangga Mimpi

Demi pijaki setapak demi setapak // Tangga mimpiku, Ibu // Rasamu bahkan tak kurasai // Cintamu bahkan tak kupahami // Dalam gorong-gorong kelabuku, Ibu // Dalam ketegaanku yang nista //
“Uhuk..uhuk…” Berkali-kali Aisa terbatuk, tenggorokannya terasa begitu gatal, sayang, tenggorokan itu tak bisa digaruk selayaknya ia menggaruk keningnya yang kerap kali digigit nyamuk saat tidur malam.
Kembali, bagian kanan menjadi sasaran untuk menggantikan jemari tangan kirinya yang letih. Telunjuk dan ibu jari saling menjepit menutup dua lubang hidung Aisa dengan tisu. Sesekali suara batuknya dibiarkan semakin keras seakan ingin memberitahu semua orang rasa tak nyaman yang dienyamnya, terutama kepada si tukang produksi asap di pojokan.
Drrrggggg Drrrggg suara getar handphone berdering, sebuah pesan singkat elektronik datang menghampiri. Tertulis nama “Ibu” di desktopnya. ---Nak, sudah sampai mana?--- ---Mobilnya nyaman?--- Ujar tulisan diam itu.
Aisa menekan tombol power, mematikan lampu handphone, pes…

Yuk Jaga Wudhu. Inilah 11 Kedahsyatan Menjaga Wudhu. Beserta Hadisnya

Mungkin sebagian orang hanya mengenal wudhu sebagai salah satu syarat sah salat. Iya, jika kita belum berwudu maka salat kita menjadi tidak sah. Padahal sebetulnya selain itu ada sangat banyak manfaat dan keutamaan dari berwudhu ini.
Berikut adalah 11 manfaat dan kedahsyatan berwudhu yang disadur dari buku Dahsyatnya Terapi Wudhu karangan Muhammad Syafi’ie el-Bantanie. Setelah membaca ini dan memahami maknanya, mungkin saja kamu akan menjadi ahli wudhu :D

1.  Menggugurkan Dosa
Amir bin Abasah meriwayatkan “Aku bertanya kepada Rasulullah tentang Wudhu, maka Rasulullah menjawab, ‘ Tiada seorang pun dari kalian yang berwudhu; berkumur, menghirup air ke dalam hidung dan mengeluarkannya kembali, melainkan keluarlah kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh mulut dan hidungnya. Kemudian, ketika ia membasuh mukanya seperti yang telah diperintahkan oleh Allah SWT maka keluarlah kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh mukanya (mata dan telinganya) itu melalui janggutnya beserta air t…