Langsung ke konten utama

Agar Persahabatan Awet Walau Jarak Memisahkan


agar-persahabatan-awet

Pernah punya sahabat deket yang deketnya udah kayak perangko? Kalau kamu punya sahabat dekat berarti kamu termasuk yang beruntung karena tidak semua orang bisa nyaman memiliki seseorang atau banyak sahabat, bahkan ada yang tak punya sahabat sama sekali.

Sahabat tentu berbeda konteksnya dengan teman. Jika siapa saja bisa jadi temanmu namun tak semua orang bisa jadi sahabatmu. Hal itu disebabkan sahabat memiliki makna yang lebih spesifik, diantaranya sahabat adalah orang yang sangat dekat sampai tahu seluk beluk tentang dirimu, yang menerima seluruh kelebihan dan kekuranganmu apa adanya, yang selalu bersamamu dalam setiap kegiatanmu dan hal hal lainnya, oleh karena itu sahabat adalah orang yang istimewa di hidupmu dan memang biasanya tak banyak yang bisa seperti itu.

Namun ada kalanya hubungan persahabatan itu tidak berjalan dengan baik, entah  itu karena berbagai konflik atau memang karena jarak yang memisahkan dan membuat hubungan persahabatan jadi renggang.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan agar kamu tak kehilangan sahabatmu meski jarak memisahkanmu dengannya. Apa saja ?

1Komunikasi

Hal penting yang harus dijaga adalah komunikasi. Sekarang zaman sudah serba canggih dan kamu bisa membuat grup persahabatan melalui sosial media agar komunikasi tetap berjalan walau tak sesering dahulu. Setidaknya kamu tidak kehilangan kontaknya sama sekali dan langsung bisa menghubunginya kapanpun kamu mau.

2. Buat jadwal

Jika jarak antaramu dan sahabat cukup dekat, cobalah untuk membuat jadwal ketemuan, bisa juga kamu yang mendatanginya atau dia yang mendatangimu. Jika memang jarak antara kamu dan sahabat tidak mungkin untuk dibuat jadwal ketemuan, buat saja jadwal menghubungi lewat telepon, mudah bukan?
Dan jika kamu sedang banyak budget, buatlah jadwal khusus untuk silaturahmi ke tempatnya sekalian berjalan-jalan.

3. Saling membantu

Orang yang dibantu biasanya sulit melupakan orang yang membantunya, mungkin itulah yang dulunya membuat kamu dekat dengan sahabatmu, karena kecocokan kalian lah yang membuat kalian dengan mudahnya saling membantu. Namun dengan adanya jarak, bantuan sulit untuk diberikan lagi. Sebenarnya kalian masih bisa saling membantu dari jarak jauh, misalnya dengan membantu membelikan pulsa atau kuota internet saat dia butuh, membantu mengoreksi tugas atau pekerjaannya, memberikan masukan terhadap karyanya dan lain-lain yang tak mengharuskan kalian untuk bertemu langsung.


4. Curhat

Jangan abaikan sesi curhat, curhat bersama sahabat memang paling aman karena pastinya sahabatmu akan menjaga apapun rahasiamu. Walau jarak membuat kalian tidak bisa curhat langsung seperti biasa, namun kamu masih bisa bercerita tentang apa saja dengannya menyangkut aktivitasmu dan lain-lain

5. Jujur

Tadinya bisa curhat dengan terbuka, karena jarak memisahkan malah jadi banyak yang ditutup-tutupi. Sebenarnya kamu tak perlu khawatir jika sahabatmu akan berubah karena sebetulnya sahabatmu akan tetap jadi sahabatmu yang dahulu jika kamu masih bisa mengerti dia. Tak perlu menutup-nutupi kenyataan atau bahkan berbohong sebab jika itu kamu lakukan maka sahabatmu akan merasa bahwa kamu sudah tidak menganggap dia sebagai sahabatmu lagi.


Sekian hal yang bisa kamu terapkan untuk terus menjaga agar persahabatanmu tetap awet walau terdapat jarak yang jauh memisahkan kalian. Sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu mengingatkan kita kepada kebaikan, maka jangan sampai kita kehilangan sahabat yang seperti itu. Yuk jaga terus silaturahmi bersama sahabat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).

Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat
Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Barat : Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang me…