Agar Persahabatan Awet Walau Jarak Memisahkan


agar-persahabatan-awet

Pernah punya sahabat deket yang deketnya udah kayak perangko? Kalau kamu punya sahabat dekat berarti kamu termasuk yang beruntung karena tidak semua orang bisa nyaman memiliki seseorang atau banyak sahabat, bahkan ada yang tak punya sahabat sama sekali.

Sahabat tentu berbeda konteksnya dengan teman. Jika siapa saja bisa jadi temanmu namun tak semua orang bisa jadi sahabatmu. Hal itu disebabkan sahabat memiliki makna yang lebih spesifik, diantaranya sahabat adalah orang yang sangat dekat sampai tahu seluk beluk tentang dirimu, yang menerima seluruh kelebihan dan kekuranganmu apa adanya, yang selalu bersamamu dalam setiap kegiatanmu dan hal hal lainnya, oleh karena itu sahabat adalah orang yang istimewa di hidupmu dan memang biasanya tak banyak yang bisa seperti itu.

Namun ada kalanya hubungan persahabatan itu tidak berjalan dengan baik, entah  itu karena berbagai konflik atau memang karena jarak yang memisahkan dan membuat hubungan persahabatan jadi renggang.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan agar kamu tak kehilangan sahabatmu meski jarak memisahkanmu dengannya. Apa saja ?

1Komunikasi

Hal penting yang harus dijaga adalah komunikasi. Sekarang zaman sudah serba canggih dan kamu bisa membuat grup persahabatan melalui sosial media agar komunikasi tetap berjalan walau tak sesering dahulu. Setidaknya kamu tidak kehilangan kontaknya sama sekali dan langsung bisa menghubunginya kapanpun kamu mau.

2. Buat jadwal

Jika jarak antaramu dan sahabat cukup dekat, cobalah untuk membuat jadwal ketemuan, bisa juga kamu yang mendatanginya atau dia yang mendatangimu. Jika memang jarak antara kamu dan sahabat tidak mungkin untuk dibuat jadwal ketemuan, buat saja jadwal menghubungi lewat telepon, mudah bukan?
Dan jika kamu sedang banyak budget, buatlah jadwal khusus untuk silaturahmi ke tempatnya sekalian berjalan-jalan.

3. Saling membantu

Orang yang dibantu biasanya sulit melupakan orang yang membantunya, mungkin itulah yang dulunya membuat kamu dekat dengan sahabatmu, karena kecocokan kalian lah yang membuat kalian dengan mudahnya saling membantu. Namun dengan adanya jarak, bantuan sulit untuk diberikan lagi. Sebenarnya kalian masih bisa saling membantu dari jarak jauh, misalnya dengan membantu membelikan pulsa atau kuota internet saat dia butuh, membantu mengoreksi tugas atau pekerjaannya, memberikan masukan terhadap karyanya dan lain-lain yang tak mengharuskan kalian untuk bertemu langsung.


4. Curhat

Jangan abaikan sesi curhat, curhat bersama sahabat memang paling aman karena pastinya sahabatmu akan menjaga apapun rahasiamu. Walau jarak membuat kalian tidak bisa curhat langsung seperti biasa, namun kamu masih bisa bercerita tentang apa saja dengannya menyangkut aktivitasmu dan lain-lain

5. Jujur

Tadinya bisa curhat dengan terbuka, karena jarak memisahkan malah jadi banyak yang ditutup-tutupi. Sebenarnya kamu tak perlu khawatir jika sahabatmu akan berubah karena sebetulnya sahabatmu akan tetap jadi sahabatmu yang dahulu jika kamu masih bisa mengerti dia. Tak perlu menutup-nutupi kenyataan atau bahkan berbohong sebab jika itu kamu lakukan maka sahabatmu akan merasa bahwa kamu sudah tidak menganggap dia sebagai sahabatmu lagi.


Sekian hal yang bisa kamu terapkan untuk terus menjaga agar persahabatanmu tetap awet walau terdapat jarak yang jauh memisahkan kalian. Sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu mengingatkan kita kepada kebaikan, maka jangan sampai kita kehilangan sahabat yang seperti itu. Yuk jaga terus silaturahmi bersama sahabat.


Komentar

POPULAR POST