Beribadah Puasa Makin Aktif dengan Aplikasi Kalender Hijriah

 


Bulan puasa atau Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat islam. Sebab bulan Ramadhan adalah satu bulan yang sangat istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya di dalam kalender hijriah.

Diantara keutamaan Bulan Ramadhan adalah :

1. Bulan Amal Shalih

Di Bulan Ramadhan in umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak amal shaleh. Hal ini dikarenakan pada bulan semua amal perbuatan manusia akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Dalam khutbah Rasulullah Saw. pada akhir bulan Sya'ban, beliau bersabda, "Hai Manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menanti. Bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Bulan ketika Allah Swt. mewajibkan berpuasa. Qiyamul lail disunnahkan. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, maka nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barangsiapa melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan shadaqah adalah shadaqah pada bulan Ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Bulan Mencapai Ketakwaan

Kaum Muslimin diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan. Kewajiban ini bertujuan agar kaum muslimin bertaqwa, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

3. Bulan Turunnya Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah petunjuk bagi manusia untuk membedakan antara yang hak dan batil. Ternyata, kitab suci umat Islam ini diturunkan di bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 185 yang Artinya: "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang haq dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur."

4. Terdapat Malam Lailatulqadar

Keutamaan lain bulan Ramadhan adalah terdapat malam lailatulqadar. Malam ini merupakan salah satu waktu yang sangat dinanti oleh umat Islam. Pasalnya, malam ini disebut sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Dalam Al-Qur'an surah Al-Qadr ayat 1-3: yang artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.

5. Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Bulan Ramadhan menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdoa pada bulan Ramadhan ini.

Berikut merupakan sebagian saja dari keutaman yang ada di dalam bulan Ramadhan, tentu saja untuk merasakan manfaat yang besar dalam bulan Ramadhan maka kita harus memperbanyak ibadah dalam bulan Ramadhan, Ibadah yang sangat dianjurkan adalah berzikir, bersedekah lebih banyak dari biasanya, melakukan ibadah sunnah juga lebih banyak dari biasanya, jika selama ini kita hanya mengerjakan ibadah yang wajib saja bulan Ramadhan ini adalah kesempatan untuk melakukan ibadah sunnahnya. Bahkan teramat istimewanya bulan Ramadhan, ada sholat Sunnah yang hanya ada di dalam bulan Ramadhan yakni sholat Sunnah tarawih.

Untuk memaksimalkan ibadah dalam bulan Ramadhan, kita perlu memiliki kalender hijriah. Di dalam kalender hijriah ini memuat lengkap jadwal sholat dan jadwal puasa yang kita butuhkan. Ada jadwal sholat wajib yang membantu kita agar bisa sholat tepat waktu. Terdapat juga jadwal puasa yang memudahkan kita untuk memantau jadwal imsak, jadwal berbuka serta ibadah-ibadah khusus di tanggal tertentu.

Untuk mengakses kalender hijriah, kalian bisa akses Disini

*aplikasi kalender hijriah

Semoga dengan makses kalender hijriah, kita bisa memaksimalkan ibadah-ibadah wajib dan Sunnah serta tetap aktif walau dalam keadaan berpuasa.

Demikianlah semoga artikel ini bermanfaat.

 


Komentar

POPULAR POST