Mau Ikutan Jadi Konten kreator? Ini Yang Harus Kamu Persiapkan

 


Sesuai namanya, konten creator artinya pembuat konten. Secara sederhana dan harfiah, content creator bisa diartikan sebagai orang yang membuat konten. Konten yang mereka buat disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, atau Facebook, TikTok, dan lain-lain.

Konten sendiri bisa mencakup tema apapun. Saat ini konten di media sosial menjadi hal yang sangat popular. Sebab konten tak hanya bersifat menghibur tapi juga bisa bersifat edukasi. Karena banyak orang yang merasakan manfaat dari adanya konten inilah maka banyak pula yang berusaha membuat konten sendiri. Konten yang disajikan bisa saja hanya berdasarkan iseng saja, atau bahkan karena kepentingan bisnis yang lebih luas.

Aku sendiri termasuk penikmat konten. Paling seringnya aku melihat konten-konten di Instagram dan Tiktok. Karena tak ingin hanya menjadi penikmat karya orang lain, aku pun tertarik juga untuk membuat kontenku sendiri, aku ingin kontenku bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Disini aku akan sharing dari awal apa yang telah aku lakukan hingga akun Instagram pribadiku berubah jadi akun dengan konten-konten yang terus aku produksi.

Aku sudah memiliki sosial media Instagram sejak lama namun isinya tak karuan, kadang aku posting, kadang aku hapus lagi sesuai mood-ku. Namun karena aku ingin membuat karyaku di sosial media dan membuat sosial mediaku berguna, aku pun ingin mendapatkan lebih banyak pahala jika orang lain bisa merasakan manfaat dari apa yang aku bagikan, aku lalu memikirkan konten apa yang pantas untuk ku buat.

Ya, ini adalah hal dasar yang harus kamu miliki

Keinginan / Passion



Aku memiliki keinginan yang jelas, yakni ingin sosial mediaku lebih berguna bagi orang lain. Kamu pun juga harus memiliku tujuanmu. Tujuanmu tak harus sama denganku, bisa jadi kamu memiliki bisnis dan kamu ingin berkonten untuk melakukan marketing terhadap bisnismu sambil mengedukasi orang lain, atau kamu hanya ingin melakukan personal branding, bisa jadi kamu ingin berbagi tentang apa yang kamu punya, bebas saja.

Orang Lain Punya Alasan untuk Follow



Ini juga merupakan bagian terpenting jika kamu ingin ngonten. Orang lain harus punya alasan mengapa mereka harus follow kamu, apakah mereka bisa merasa terhibur dari penat? Apakah mereka bisa merasa lebih tahu? Apakah mereka bisa menjadi lebih tenang? Apakah mereka termotivasi? Semua itu harus kamu pikirkan matang-matang. Untuk apa kamu ngonten capek-capek kalau ternyata gak ada yang follow, gak ada yang lihat? Akan sia-sia saja bukan? Kalau gak ada yang lihat dan follow artinya konten kamu tidak menarik untuk dilihat orang lain. Jika yang lihat hanya kamu, ya privat saja akunmu, hehe

Tentukan Niche atau Kefokusan Kontenmu

Kamu harus memiliki niche atau tema yang spesifik terhadap kontenmu, karena kabarnya orang akan lebih mudah mempercayai akun dengan niche tertentu, sebab kamu bukan public figure. Orang yang ngonten spesifik akan terlihat lebih ahli dan lebih terpercaya, itu menjadi hal penting yang harus kamu pikirkan.



Pada awalnya aku kesulitan membuat niche akun instagramku. Tapi setelah beberapa lama memikirkannya, aku akhirnya bisa menemukan yang tepat. Aku men-spesifik-an akun ku menjadi akun yang sharing soal resep memasak, hal ini aku lakukan karena memang pada saat itu aku sedang gemar memasak dan selalu penasaran dengan resep-resep terbaru. Terlebih lagi saat aku pertama kali sharing tentang video memasak, viewersku langsung meningkat drastis, dari situ aku berpikir bahwa followersku yang pada saat itu di angka 2.000-an, lebih menyukai konten masakku daripada kontenku yang lainnya.

Pilih yang Paling Mudah

Pertimbangan lainnya untuk berkonten memasak, aku memilih itu karna itu yang paling mudah aku kerjakan, memasak bisa aku lakukan dirumah, mengedit bisa dirumah, posting pun bisa dirumah. Untuk posting di sosial media aku selalu menggunakan internet provider dari Telkom Indonesia, apalagi kalau bukan IndiHome, jaringannya stabil dan jarang gangguan jadi bisa Berkonten Ria Bersama IndiHome dengan aman dan nyaman.



Kamu juga harus mempertimbangkan ini matang-matang sebab ngonten itu butuh konsisten agar orang lain mempercayai akun kita. Sebenarnya aku juga suka nulis dan suka foto-foto pemandangan, sempat aku terpikir untuk menjadikan akunku sebagai akun yang berisi tentang video-video cinematic, tapi aku sadar itu susah dilakukan sebab aku harus sering keluar rumah untuk mendapatkan lokasi syuting yang bagus. Belum lagi aku tak yakin bisa pergi sendiri, kalau ngikutin jadwal suamiku yang padat, pastinya aku akan susah posting. Alhasil aku  mengubur dulu keinginanku yang satu ini, aku memilih niche lain yang paling mungkin aku lakukan.

Kamu juga bisa memilih hal yang paling sering kamu lakukan, jika kamu bekerja di kantor seharian, kamu bisa membuat konten tentang kantor atau lebih spesifik tetang jenis pekerjaanmu, jika kamu hobi berkebun, kamu juga bisa membuat konten berkebun, jika kamu cinta olahraga, kamu bisa membuat konten tentang olahraga, atau jika benar-benar tak punya ide, carilah aku yang membuatmu terinspirasi lalu tirulah ia.

Siapkan Alat dan Bahan

Setelah mengetahui konten apa yang akan kamu produksi, kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan. Alat dasar untuk konten creator adalah handphone dengan kamera yang memadai, tidak harus yang mahal-mahal amat asalkan masih jelas aja kalau ambil gambar. Selanjutnya perlu lighting atau pencahayaan tambahan, ini akan bermanfaat jika kamu harus take foto atau video di malam hari atau saat cahaya mendung. Cahaya yang baik akan membantu kamera handphone menghasilkan gambar yang lebih jelas. Sebaik apapun kamera handphonemu kalau lightingnya tidak bagus ya hasilnya juga tidak maksimal.  Lighting bisa pakai riglight yang terhubung dengan tripod atau bisa ganti lampu ruangan dengan yang lebih terang. 

Kadangkala kamu juga perlu properti tambahan, properti ini bisa kamu ambil dari apa saja yang ada dirumah misalnya kain sisa, kayu sisa dll, jika tidak ada, sudah banyak yang jualan paket property foto di marketplace, tinggal beli saja.

Konsisten

Saat awal membuat konten, aku cukup keleahan karna ternyata membuat konten tidak semudah itu. Aku harus berpikir bagaimana mendapatkan angel yang bagus, harus memastikan cahaya yang bagus, harus record sambal memasak, harus mengedit, menyiapkan caption, hingga posting. Aku bisa menghabiskan waktu seharian untuk membuat satu konten. Belum lagi jika baterai handphone satu-satunya ini sudah hampir habis, rasanya sangat menyebalkan. Namun aku berhasil sabar di awal, ternyata semakin dikerjakan ternyata semakin mudah, aku bisa melakukannya hanya setengah hari, kemudian bisa hanya maksimal 3 jam dari produksi sampai posting. Kini aku hanya lebih fokus pada ide konten, sebab merekam dan mengedit sudah sangat lancar.

Jadi, jika kamu menemukan kendala di awal-awal posting, itu hal yang biasa, jangan dulu menyerah, teruslah belajar dan bersabar.

Untuk konsisten, kamu tidak perlu melakukan posting setiap hari jika memang belum sanggup, posting satu kali seminggu juga sudah bagus asalkan konsisten. Aku sendiri merapkan posting 2 hari 1 kali sebab aku merasa membuat konten memasak lumayan melelahkan dan aku belum sanggup melakukannya setiap hari.

Siapkan Akses Internet

Berkonten artinya tidak lepas dari internet. Kamu butuh internet bukan hanya untuk posting konten tapi terkadang kamu juga butuh untuk mencari informasi. Kamu perlu tau perkembangan dunia terkini yang bisa dijadikan ide untuk kontenmu agar cepat FYP. Cara agar konten FYP bisa kamu baca di tulisanku yang lain ya

Ini Caranya Agar Konten  FYP di Instagram dan TikTok

Awalnya aku menggunakan kuota internet yang kubeli setiap bulan, namun ternyata belum 1 bulan kuotaku sudah habis, hal ini tentu sangat menjengkelkan, gerakku menjadi terbatas, aku pun terpaksa membeli lagi yang membuat pengeluaranku membengkak. Oleh karena itu aku pun berlangganan wifi IndiHome di rumah, harga yang aku bayarkan akan tetap setiap bulannya tanpa khawatir kuota internet habis. Bukan internetnya yang kubayar tapi perasaaan tenanglah yang kubayar saat berlangganan IndiHome, internet provider dari Telkom Indonesia

Dokumentasi Pribadi

Nah sekianlah yang bisa aku sharing seputar bagaimana caranya agar bisa ngonten. Aku mulai ngonten November 2022 saat followersku di angka 2000an, kini di bulan Mei 2023 tepatnya 6 bulan berlalu, followerku sudah menuju angka 9.000. Akhirnya instagramku yang dulunya tak terlalu berguna, kini sudah bisa menginspirasi orang lain terutama ibu-ibu yang ingin menyediakan makanan untuk keluarganya. Aku pun sudah dipercaya beberapa brand untuk mempromosikan produk mereka lewat videoku, saat ini aku merasa sangat berguna dan berusaha untuk terus belajar agar orang lain bisa merasakan manfaat dari konten-kontenku..

Kalau aku bisa, tentu kamu juga bisa, bahkan kamu bisa jauh lebih baik dari aku. Yuk bertumbuh bersama.  


Nb : gambar yang terdapat dalam tulisan ini adalah bebas lisensi selain dokumentasi pribadi

 

Komentar

POPULAR POST