Ini Caranya Agar Konten FYP di Instagram dan TikTok





Saat ini sudah banyak yang berminat menjadi konten creator sebab menjadi konten kreator tidak hanya sekadar menyalurkan hobi saja, tapi sudah bisa menghasilkan uang. Uang yang didapat bisa dari adsense misalnya di youtube atau bisa dari endorse di Instagram, ataupun affiliate di TikTok.

Ohya kamu yang membaca artikel ini artinya kamu sudah ngonten kan? Jika belum pernah ngonten dan ingin mencoba ngonten, kamu bisa cek dulu tulisan aku yang ini ya Mau Ikutan Jadi Konten Creator?Ini Yang Harus Kamu Persiapkan Karena di  tulisan itu aku jelaskan apa saja yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi konten creator.

Awalnya ngonten karena hobi, lama-lama hobi bisa saja menjadi ladang uang jika seriusin. Jika kamu benar-benar serius ngonten, kamu harus paham bagaimana caranya agar konten kamu FYP. FYP ini artinya For Your Page yang terdapat di Tiktok atau jika di Instagram namanya explore. Di bagian ini kamu akan menemukan konten-konten dari orang-orang yang  tidak kamu follow, konten mereka direkomendasikan kepadamu. Semakin banyak konten direkomendasikan maka akan semakin besar pula viewersnya maka terjadilah FYP.

Mengapa penting FYP bagi sebuah konten?

FYP ini sesuai pengalamanku sangat berpengauh terhadap jumlah followers, jika ada konten yang FYP maka yang melihat konten kamu semakin banyak, diantara sebanyak itu orang yang melihat pastinya ada yang tertarik dengan akun kamu, hal itu akan membuat sebagian dari mereka mengikuti akunmu, followers akan bertambah dengan cepat. Jika followers bertambah artinya semakin banyak yang akan melihat konten karyamu yang selanjutnya atau bahkan yang sebelumnya sudah kamu upload. Jika untuk kepentingan bisnis maka akan semakin banyak yang membeli apa yang kamu promosikan.

Disini aku akan bahas hanya 2 sosial media saja yakni Instagram dan Tiktok, sebab aku cukup aktif di kedua platform ini. Sementara itu kedua platform ini sedikit berbeda.

Instagram



Instagram sudah lebih dulu dari Tiktok maka penggunanya adalah kebanyakan orang-orang yang sudah dewasa. Untuk akunku sendiri, paling banyak followersku di rentang usia 20-30 tahun, kamu bisa cek sendiri di akunmu ya.


Untuk usia segitu adalah usia matang yang hanya punya 2 persepsi tentang sosial media. Butuh atau Tidak Butuh. Bagi yang membutuhkan, mereka akan sering membukanya, namun yang tidak butuh, akun mereka akan seperti kuburan, nol postingan, hanya upload story itupun kalau sempat. Rentang usia ini adalah rentang yang sedang focus-fokusnya bekerja, jadi mereka hanya akan menggunakan sosial media untuk hiburan atau memang untuk edukasi. Karena itu instagram baiknya digunakan dengan lebih serius misalnya dengan konten penuh ilmu, atau sebaliknya untuk lucu-lucuan atau hiburan.

TikTok



Sementara itu TikTok sendiri baru lahir dan penggunanya kebanyakan anak-anak muda juga dewasa. 

Dari sepengamatanku TikTok awalnya memang hanya untuk hiburan tapi belakangan ini mereka cukup mendukung creator untuk menghasilkan konten edukasi atau konten-konten yang bermanfaat luas. Mereka bahkan memiliki komunitas sendiri untuk mendukung creator mereka lebih baik. Di TikTok, kamu tidak dituntut harus serius sebab terkadang konten random yang menghibur malah lebih dilirik dibandingkan konten yang serius.

Lalu bagaimana caranya agar konten direkomendasikan atau jadi FYP? Ini yang akan aku bahas selanjutnya.

Hal-hal yang harus kamu perhatikan saat membuat konten agar berpotensi FYP di Instagram atau Tiktok adalah

Visual yang Bagus

Konten yang kamu hasilkan setidaknya enak dipandang mata dan tidak buram sehingga jelas apa yang dimaksud dalam konten. Disini kamu harus mencoba mengambil gambar dengan baik agar dapat hasil yang maksimal

3 Detik Pertama Menentukan

Ini juga menjadi kunci penting lahirnya konten yang memikat. 3 detik pertama di kontenmu akan menentukan apakan orang akan lanjut menonton atau skip. Di 3 detik pertama ini kamu bisa membuat orang penasaran dengan beberapa kalimat misalnya : “Sudahkah kamu tahu ini?’ ,  “Banyak orang sembuh dengan ramuan ini” atau “Pakai resep ini dijamin anti gagal” dan lain-lain.

Singkat dan Padat

Saat orang membuka sosial media mereka, mereka sebenarnya tak ingin buang waktu, mereka akan melihat konten yang benar-benar menarik bagi mereka dan melewatkan konten yang tidak menarik apalagi yang bertele-tele. Jika kontenmu 1 menit, maka 1 menit juga kamu akan mengambil waktu orang lain, maka pastikan konten kamu benar-benar konten yang berkualitas sehingga orang lain tak menghabiskan waktu mereka dengan sia-sia, kamu tak perlu membuat konten 1 menit jika memang dalam waktu 30 detik pesannya sudah tersampaikan.

Engagement Menentukan FYP

Saat pertama kalinya konten kamu diupload, platform akan membagikan konten kamu ke beberapa orang saja followersmu, jika hasil yang didapatkan baik, adanya engangement berupa like atau komen atau share, maka konten kamu dinilai menarik yang layak untuk direkomendasikan ke pengguna lain yang lebih banyak.  Karena itu pentingnya membuat konten yang menarik atau relate dengan kehidupan banyak orang sehingga kemungkinan ada engagement lebih besar.

Untuk konten resep masakanku yang FYP di Instagram hingga viewers 2,4 Juta, disitu aku share konten tentang memasak mie instan, karena penikmat mie instan banyak maka itu membuat engagement di konten ini tinggi. Sementara untuk konten lain yang FYP di ratusan ribu viewers atau puluhan ribu viewers ada adalah konten dengan makanan yang cukup digemari di masyarakat misalnya resep ayam goreng, atau camilan pasar. Sementara itu konten yang hanya mendapat viewers ribuan, adalah konten resep masakan yang bahan bakunya susah dicari atau yang makanan tersebut tak terlalu banyak yang suka.

Instagram


Sementara itu kontenku pertama yang FYP di TikTok dengan viewers ratusan ribu, aku membagikan kisah atau sedikit curhat tentang rumah tangga, orang-orang yang merasa relate dengan ceritaku membuat engagement pada konten ini sangat baik. Sementara itu konten lainnya yang dibuat serius malah mendapatkan viewers yang sedikit. Jadi disini kamu bisa belajar bagaimana caranya menghasilkan konten yang diminati banyak orang ya.

Tiktok


Jam Posting

Jadi, untuk upload konten itu ada jam nya. Kamu bisa upload konten di waktu-waktu orang berkemungkinan besar membuka handphone. Kamu bisa cek di akun kamu jam dimana paling banyak followers kamu aktif. Untuk akunku sendiri yang paling banyak aktif di pukul 6 sore dari keseluruhannya jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Biasanya aku akan posting di sore atau malam hari mengingat orang-orang yang bekerja sudah istirahat, mereka bisa melihat kontenku untuk inspirasi masak keesokan harinya. Selain melihat grafik jam aktif, kamu bisa melakukan percobaan di beberapa waktu, nantinya kamu akan menemukan yang mana konten yang paling banyak viewersnya, nah artinya itulah jam terbaik kamu.

Instagram

Tiktok


Sound Viral/Popular/Trending

Ini menjadi salah satu hal yang cukup membantu dalam konten, usahakan gunakan lagu yang sedang viral, biasanya platform akan dengan mudah merekomendasikan kontenmu sebab lagu yang kamu gunakan sedang viral.

Lagu Popular TikTok

Lagu trending instagram


Konsisten

Followers instagram dari November 2022 s/d May 2023

Ini adalah bagian penting dari ngonten. Akun kamu harus terus aktif, jika akun kamu aktif maka konten-kontenmu akan mendapatkan viewers yang cukup stabil. Baiknya disesuikan dengan kemampuanmu ya, baiknya setiap hari 1 konten, tapi kalau tidak bisa ya disesuaikan saja asalkan terus upload. Nanti kamu akan merasakan sendiri perkembangan akunmu.

Agar mudah upload konten dengan konsisten, pastinya kamu butuh akses internet yang memadai. Agar upload konten maksimal aku menggunakan internet provider dari Telkom Indonesia apalagi kalau bukan IndiHome. Aku menggunakan wifi IndiHome di rumah agar aku bisa mengakses internet dengan leluasa tanpa takut kehabisan kuota. Kamu juga bisa banget Berkonten Ria Bersama IndiHome. Sepanjang pengalamanku menggunakan Internet provider dari Telkom Indonesia ini, koneksinya stabil, jangkauan cukup luas bahkan aku bisa berbagi wifi ke tetanggaku, nah loh bisa sambil meraup pahala membantu orang lain kan?



Demikianlah yang bisa aku sharing pengalamanku bagaimana caranya agar konten bisa FYP di Instagram dan TikTok. Ini tak semudah yang dibayangkan, tapi kamu bisa banget terapkan poin-poin yang aku jelaskan di atas dan rasakan perkembangan akunmu, kalau butuh penjelasanku lebih lanjut kamu bisa komentar atau DM aja di akun aku ya. Semoga berhasil FYP


Nb : Semua gambar dalam tulisan ini adalah milik pribadi

 

Komentar

POPULAR POST