I AM UNLIMITED WITH INDIHOME

 

indihome

Akhirnya Resign Juga

17 November 2021 kuhirup napas lebih lega dari biasanya. Hari itu adalah hari yang bersejarah buatku karena hari itu adalah hari terakhirku bekerja di sebuah lembaga. Jika tidak kurang 1 bulan lagi, aku sudah melengkapi 3 tahunku bekerja di sana. Waktu itu 17 Desember 2018 aku pertama kali bekerja sebagai seorang fresh graduate, setelah beberapa lama kulewati waktu, aku merasa sudah tak nyaman dengan pekerjaanku, banyak hal yang mendasarinya mulai dari lingkungan, job, rekan hingga atasan yang membuatku sudah tak nyaman. Namun tak kupungkiri aku tetap bersyukur setelah banyak hal yang aku alami dan aku pelajari selama ini.

Sebetulnya keinginanku untuk resign sudah muncul lama dalam hatiku hanya saja aku menunggu waktu yang terbaik untuk mengakhiri pekerjaanku sebab aku tak ingin meninggalkan kesan yang buruk. Prinsipku, aku datang dengan baik maka aku juga harus keluar dengan cara baik-baik. Beberapa bulan sebelumnya aku sedang mendapatkan amanah yang cukup besar untuk kepentingan lembaga tempat kerjaku maka aku memutuskan untuk resign akhir tahun 2021 ini, namun ternyata amanahku sudah selesai di Bulan November lalu, sedangkan kudapati aku pun sudah tak sanggup lagi bertahan, aku memutuskan resign saat itu juga.

Persiapan Resign

Tentu untuk memutuskan resign tak semudah membalikkan telapak tangan, sudah banyak perdebatan yang menguras pikiran dan tenaga, sudah banyak kritik dan saran yang diterima, maju atau mundur semua ada risikonya dan pada akhirnya aku tak mungkin berdiam saja. Aku pun memikirkan solusi terbaik setelah resign karena memang aku ingin berhenti sejenak dari aktivitas pekerjaan yang selama ini membuat pikiranku sesak, aku belum ingin mencari pekerjaan lagi di manapun, untung sudah ada suami yang menafkahi hehe. Hemat-hemat dikit gak papa deh yang penting mental sehat dulu.

Hal pertama kali yang aku pikirkan adalah, apa yang akan ku lakukan di rumah?

Aku berpikir apa yang menjadi kesukaan dan kekuatanku selama ini, setelah dipikir-pikir selama ini memang aku senang menulis, baik itu menulis buku ataupun blog. Aku teringat blogku yang sudah lumayan lama merasa kesepian, tak banyak postingan yang muncul sebab memang aku tak terlalu mengurusnya, aku terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga mengabaikan hobiku.

Internet untuk Aktivitas Tanpa Batas

Maka tentu saja hal terpenting dan terbaik yang terpikirkan untukku adalah menyediakan internet di rumah dari IndiHome, agar aku bisa bebas memiliki Aktivitas Tanpa Batas bersama internet cepat dari IndiHome.

wifi-indihome
Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Siapa yang gak tahu IndiHome? IndiHome bisa dibilang Internetnya Indonesia karena memang jangkauan layanannya luas ke seluruh Indonesia, bahkan di kotaku yang terbilang bukan kota besar aku bisa dengan mudah mendapatkan layanan internetnya, dan jika ada masalah dengan layanannya aku dengan mudah menghubungi pihak IndiHome dan mereka bisa menangani masalahku dengan cepat. Internet IndiHome tak hanya cocok untukku yang bergelut dengan dunia blogging namun juga cocok bagi kalangan gamer, IndiHome juga dikenal sebagai internetnya untuk gamer karena berbagai layanan yang disediakan misalnya Lead by IndiHome  atau Limitless Esport Academy by Indihome yang  merupakan program akademi eSport dari IndiHome, yang bertujuan untuk mendukung perkembangan ekosistem olah raga elektronik (eSport), khususnya melalui kaderisasi atlet eSport di Indonesia. Dengan konsep athlete enablement, Lead by IndiHome bisa menjadi wadah bagi para gamer pemula yang sebelumnya hanya bermain sebatas hobi, menjadi seorang atlet eSport profesional yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Nah buat kamu yang suka nge-game, jangan sia-siakan kesempatan ini.

Keren banget kan? IndiHome ternyata sangat memikirkan bagaimana caranya masyarakat Indonesia bisa maju, aku pun merasa bahwa bersama IndiHome adalah keputusan yang sangat tepat.

Di laman resmi IndiHome yakni https://indihome.co.id/  produk-produk IndiHome bukan hanya layanan Internet tapi juga ada TV dan Telepon. Ada berbagai paket juga yang ditawarkan IndiHome sehingga membuat hidup menjadi lebih mudah

produk-indihome

Pengalaman Menggunakan IndiHome

Setelah resign dan merasakan menjadi pengangguran, dan setelah adanya internet rumah dari IndiHome, aku justru merasakan banyak hal yang bisa kulakukan dari rumah, diantaranya mengikuti pelatihan-pelatihan online atau webinar untuk meningkatkan skill, mencari pekerjaan freelance yang aku senangi di berbagai platform, mencari resep masakan sehat untuk keluarga, mempromosikan usaha kecil-kecilan yang kumiliki, bermain sosial media sebagai hiburan dan tentu saja menulis di blogku. Dengan internet aku merasa menjadi pribadi yang Unlimited, sebab begitu banyak hal yang bisa mengisi ruang kosong di rak-rak pengetahuanku melalui internet.  Aku bahkan merasa waktuku begitu produktif dan padat seperti halnya aku bekerja dulu, bedanya dulu aku bekerja atas perintah orang lain, kini aku bekerja untuk diriku sendiri. Bekerja tak harus menghasilkan uang kan? Terkadang ada yang lebih baik dari sekadar menghasilkan uang misalnya mengupgrade kapasitas dan kualitas diri, memperbaiki kesehatan fisik dan mental, menambah jaringan pergaulan dan lain-lain.

aktivitas-bersama-indihome


Dukung Kedaulatan Digital bersama IndiHome

Sebagai pengguna IndiHome, aku sangat senang IndiHome juga turut memikirkan bagaimana kemajuan digital di Indonesia. Indonesia memang harus melek dan daulat digital agar mampu bersaing dengan negara lain yang digitalnya sudah lebih maju.  Memang, saat ini daerah-daerah pelosok di Indonesia masih sulit menerima internet, namun dengan jangkauan IndiHome yang luas, hal itu bukan mustahil dicapai.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo)  Republik Indonesia, Kedaulatan digital berarti berkuasa sepenuhnya terhadap konten maupun peredaran informasi di dunia internet. Dengan adanya internet, kini seolah tidak ada lagi batas antarnegara (borderless). Batas fisik sebuah negara memang jelas dan mudah diidentifikasi, tetapi batas nonfisik dalam dunia maya jelas sangat sulit dikenali. Yang terjadi saat ini, sering kali dunia maya lebih berkuasa daripada dunia nyata. Negara negara kecil bisa menyetir negara-negara dengan luas wilayah yang lebih besar. Hal ini terjadi karena penguasaan teknologi.

Menurut PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) ada tiga hal yang perlu dikembangkan untuk membangun kedaulatan digital Indonesia. Ketiga hal itu adalah terciptanya lingkungan digital, pembangunan masyarakat digital, dan akselerasi ekosistem ekonomi digital.

kedaulatan-digital


Pertama, Terciptanya Lingkungan Digital

Lingkungan digital dapat diartikan sebagai terciptanya infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang merata di seluruh daerah di Indonesia, sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses jaringan internet dan menggunakan teknologi digital tanpa ada lagi kesenjangan. Infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang hadir tentu harus berasal dari dalam negeri. Untuk mendukung terciptanya lingkungan digital, Telkom menyediaan berbagai infrastruktur telekomunikasi, dari punggung pita lebar (backbone broadband) yang memanfaatkan kabel optik dan satelit, hingga jaringan akses tetap maupun mobile serta VSAT Mangoesky yang menjangkau wilayah 3T.

Kedua, Terciptanya Masyarakat Digital

Masyarakat digital berarti lahir dan adanya banyak talenta digital yang siap beraktivitas dan berkontribusi di berbagai sektor ekonomi serta aspek kehidupan. Pembentukan SDM yang siap go digital dapat dilahirkan dengan menyediakan berbagai produk serta layanan untuk mendukung peningkatan kapasitas digital masyarakat. Tak hanya membangun digital talent siap terap, Telkom juga mengembangkan beragam layanan dan aplikasi digital yang bermanfaat sebagai solusi bagi kebutuhan masyarakat, terutama di era pandemi seperti saat ini. Adapun layanan tersebut mulai dari Pijar (pendidikan), PeduliLindungi (kesehatan), Maxstream (video streaming), Gameqoo dan Dunia Games (games) dan lainnya. Nah diantara berbagai aplikasi digital tersebut, adakah yang sudah dicoba?

Ketiga, Terciptanya Ekosistem Ekonomi Digital

Terakhir, keberadaan ekosistem ekonomi digital bisa diartikan sebagai terjadinya optimalisasi layanan serta produk yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Optimalisasi ini akan menjadi akselerator Indonesia untuk menjadi kekuatan utama ekonomi digital di regional dan dunia. Beberapa solusi yang dihadirkan Telkom untuk menggerakan perekonomian digital nasional, diantaranya PaDi UMKM (UMKM), Agree (pertanian dan perikanan), Logee (Logistik), BigBox (Satu Data Indonesia), dan banyak layanan digital lainnya.

Peran Kita Mendukung Kedaulatan Digital Indonesia

Menurut Fajrin Rasyid, Direktur Digital Bisnis Telkom Indonesia, kedaulatan digital adalah faktor kunci dalam melindungi pertumbuhan ekonomi negara Apalagi setelah Indonesia sekarang jadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital paling pesat di Asia Tenggara. Dengan makin banyaknya orang Indonesia yang melakukan transaksi online, siapa pun yang mengendalikan data dari aktivitas ini juga punya kekuatan untuk memanfaatkan data dan membuat produknya sendiri. Hal ini bisa mengakibatkan perusahaan-perusahaan besar dari luar negeri bersaing langsung dengan para pengusaha lokal yang lebih kecil. Kondisi ini bisa menyebabkan para pengusaha kecil kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.  Bayangkan jika kita tidak mengendalikan apa pun. Bisa-bisa konsumen e-commerce tak lagi membeli dari pedagang lokal jika tidak ada peraturan domestik. Selain itu alasan lain kedaulatan digital penting bagi Indonesia adalah terkait isu keamanan nasional. Untuk data yang bersifat sensitif atau rahasia, negara harus punya kewenangan bagaimana data tersebut digunakan dan disimpan.

Jadi, apa yang Harus Kita Lakukan untuk mewujudkan Kedaulatan Digital?

kedaulatan-digital


1.       Dukung Layanan Internet Dalam Negeri

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, pertama yang harus kita lakukan saat ini adalah mendukung penggunaan layanan internet dalam negeri misalnya IndiHome agar mampu mewujudkan impian kedaulatan digital Indonesia secepatnya.  Manfaatkan setiap infrastruktur yang diberikan serta aplikasi yang diciptakan oleh Indonesia.

2.     Gunakan Produk Buatan Lokal / Dalam Negeri

Selain itu mulai gunakan produk-produk hasil dalam negeri agar terbiasa membantu sesama masyarakat Indonesia menaikkan usaha-usaha kecil di Indonesia terutama yang menggunakan digital sebagai medianya. Indonesia harus memiliki jiwa gotong royong dan kerja sama yang tak boleh luntur. Itu akan membantu kita lebih mudah berkembang. Jangan biasakan lebih bangga dengan produk luar negeri dibandingkan produk sendiri.

3.   Mengupgrade Diri Mengikuti Perkembangan Digital

Sebagai manusia kita harus terus belajar sampai maut yang memberhentikan kita, untuk itu kita harus sejalan dengan program pemerintah demi mencapai kedaulatan digital tersebut. Jadilah pribadi yang bisa berinovasi dan berkreasi melalui digital, jadilah pribadi yang lebih melek digital dan jauh dari ketertinggalan informasi agar Indonesia tak kekurangan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sebab masyarakatnya mau belajar dan paham digital.

Jika setiap masyarakat sudah memiliki kemampuan digital maka akan lahir banyak talenta digital yang siap beraktivitas dan berkontribusi di berbagai sektor ekonomi serta aspek kehidupan maka hal itu akan mendukung terciptanya lingkungan digital, dari lingkungan digital terbentuklah masyarakat digital lalu bukan tak mungkin kita akan sampai pada terbentuknya ekosistem ekonomi digital.

Semangat untuk kita semua, semoga Indonesia jadi lebih baik di tangan kita. Aamin.

 

Rujukan

https://www.kominfo.go.id/content/detail/14309/perjuangan-mewujudkan-kedaulatan-digital/0/sorotan_media

http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/telkom-komitmen-wujudkan-kedaulatan-digital-indonesia

https://id.techinasia.com/indonesia-mewujudkan-kedaulatan-digital


Komentar

POPULAR POST