STRATEGI MARKETING BISNIS ONLINE DI INTERNET

sosial-media-marketing

Saat ini zaman sudah canggih. Jika dulu ingin berbelanja apapun kita harus ke pasar, melihat dan memilih barang secara langsung, menawar lalu melakukan tukar barang yang diinginkan dengan uang. Belum lagi pulang dengan bawaan yang berat. Kini, hanya dengan sambil rebahan di Kasur, kita sudah bisa berbelanja dan barang yang kita beli akan datang langsung sampai ke depan rumah kita. Semua itu bisa dilakukan dengan internet.

Jika berbelanja semudah itu maka berjualan pun juga semudah itu. Pedagang hanya perlu mengambil gambar produk lalu menampilkannya melalui internet, maka pembeli akan muncul dengan sendirinya, penjual hanya perlu mengirimkan barang menuju tempat pembeli dengan bantuan kurir.

Dengan kemajuan teknologi yang mempermudah jual beli ini maka tak heran saat ini bermunculan pedagang-pedagang online. Itu juga berakibat pada munculnya berbagai market place atau pasarnya internet. Bahkan ada juga yang berjualan hanya mengandalkan sosial media namun pembeli yan datang juga tetap banyak.

Persaingan Bisnis

Kemudahan berbisnis online dan banyaknya penjual dan pembeli online tentu membuat persaingan bisnis dalam dunia online juga menjadi pesat. Banyak cara yang dilakukan oleh para penjual misalnya dengan bersaing secara harga maupun kualitas.

Namun tahukah apa hal yang paling penting dari semua itu? Yakni Marketing

Marketing

Ya, mau apapun bisnisnya, mau semurah apapun harganya atau sebaik apapun kualitasnya tentu tak akan ada orang yang tahu jika tidak dilakukan marketing yang baik terhadap produk yang dijual tersebut. Mengingat pentingnya marketing, kini sudah banyak juga ilmu-ilmu marketing yang tersebar dalam upaya mendongkrak perjualanan produk.

Biasanya marketing dilakukan dalam berbagai platform diantaranya

1.       Youtube

   Platform youtube cocok untuk pedagang yang memerlukan review khusus bagi setiap produknya misalnya barang elektronik atau alat memasak serta produk lain yang membutuhkan penjelasan lanjut yang lebih detail.

     Biasanya agar calon pembeli tertarik menonton video maka setidaknya akun Youtube memiliki subscriber yang cukup banyak. Banyaknya subscriber ini akan mampu memberikan kepercayaan yang lebih besar dari pembeli terhadap produk yang dijual sebab subscriber yang banyak mencerminkan kualitas akun yang baik dan tentu saja akan berdampak pada kesusksesan penjualan produk.

Saat ini sudah ada pihak yang bisa memfasilitasi pemilik akun bisnis di youtube untuk meningkatkan subscriber yakni melalui pihak jasa tambah subscriber youtube, di sini kita bisa beli subscriber youtube dengan jumlah sesuai keinginan kita, harganya pun masih masuk akal.

Berikut contoh platform yang menyediakan jasa tambah subscriber youtube ataupun sosial media yang lain.

bisnis-online


2.       Instagram

Walau di Instagram sudah ada fitur reel untuk memuat video, tetap saja bagi saya kekuatan terbesar Instagram adalah foto-fotonya. Banyak juga pemilik bisnis online yang fokus marketing melalui Instagram sebab pengguna Instagram juga sudah sangat banyak, selain itu di Instagram kita bisa memanfaatkan fitur Instagram bisnis sehingga kita bisa memantau audiens serta juga ada fitur sponsor.

3.       Whatsapp

Whatsapp juga punya fitur Whatsapp Bisnis yang memungkinkan kita menggunakan fitur marketing seperti broadcast, juga ada fitur katalog. Banyak juga yang melakukan marketing melalui Whatsapp.

4.       E-Commerce

Tentu saja e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain merupakan pilihan yang tepat untuk melalukan marketingproduk, lebih tepatnya hanya cukup untuk memajang produk sebab kegiatan marketing tidak hanya sebatas memajang, ada tindakan mengajak, mengedukasi, mempengaruhi dan lain-lain yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan. E-commerce bisa digunakan sebagai ujung tombak marketing, ketika orang-orang sudah paham dengan produk yang ditawarkan mereka bisa langsung membelinya dengan cepat melalui e-commerce.

 

Demikian beberapa platform di internet yang bisa digunakan untuk marketing bisnis online. Semoga membantu

Komentar

POPULAR POST