Kenali Investasi Aman dan Nyaman bagi Pemula

investasi-aman


Investasi, mungkin satu kata yang cukup berat bagi para pemula yang belum mengenalnya, namun kata yang cukup menggoda bagi yang sudah lama berkecimpung di dalamnya.

Apa Itu Investasi ?

Menurut Wikipedia. Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Dari dua pengertian di atas kita dapatkan satu benang merah yakni tujuan keuntungan, sehingga kegiatan investasi ini memang cukup menggiurkan untuk dilakukan siapa saja.

Memang, semakin hari kegiatan investasi semakin gencar saja sebab semakin hari semakin banyak pihak yang menawarkan kemudahan berinvestasi, mulai dari modal yang sangat minim hingga cara berinvestasi yang semakin dipermudah misalnya hanya lewat aplikasi dan penggunakan handphone. Sebetulnya kegiatan investasi ini bernilai positif sebab semakin banyak masyarakat yang berinvestasi artinya masyarakat semakin melek teknologi, semakin paham dengan tantangan masa depan, sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat yang tentu saja juga berdampak terhadap meningkatnya perekonomian bangsa Indonesia.

Sebagai pemula, saya sendiri lumayan bingung soal investasi namun saya sering melihat orang-orang yang sukses tak jauh dari kegiatan berinvestasi, banyak juga diantara mereka yang menyampaikan bahwa salah satu syarat sukses mereka adalah dengan investasi. Tambah lagi mereka mengatakan bahwa berinvestasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Kita sebagai generasi muda tentu tak ingin melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Yuk kita kenali apa saja investasi aman dan nyaman bagi pemula agar kita bisa segera berinvestasi dari sekarang.


Investasi Emas

investasi-emas


Investasi emas merupakan investasi yang paling populer menurut saya. Sebab emas ini memang sudah ada dari zaman dahulu bahkan dahulu dijadikan sebagai alat tukar layaknya uang kertas yang kita gunakan saat ini. Hebatnya emas selain bisa mempertahankan nilai kekayaan, juga bisa menambah nilai kekayaan kita. Cara berinvestasi emas cukup mudah, kita hanya cukup membeli dan menyimpannya dan ketika nanti membutuhkan kita bisa menjualnya. Biasanya semakin lama emas disimpan, harganya akan semakin naik, disitulah keuntungan kita.

Cara terbaik untuk sukses di investasi emas adalah dengan cara kumpulkan sedikit demi sedikit, emas bisa dibeli model perhiasan atau model emas batangan, bahkan emas mulai dari 0,1 gram dengan harga terjangkau. Sejauh ini emas batangan adalah model emas yang paling menguntungkan, namun emas perhiasan juga menguntungkan karena bisa dipakai langsung jika ingin.


Investasi Properti

investasi-properti

Jika uang yang dimiliki cukup banyak, cobalah untuk beralih ke investasi property. Harga properti seperti rumah, ruko, tanah  akan selalu naik, apalagi jika lokasi mendukung misalnya di lokasi yang ramai atau dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, bandara, terminal, pasar, perkantoran dan lain-lain. Harga tanah dan bangunan di sekitar lokasi ramai akan jauh meningkat dibandingkan lokasi lainnya.

Jika memiliki asset berupa properti misalnya tanah, kita juga bisa membangun usaha misalnya membuka took atau restaurant sehingga properti akan menghasilkan passive income yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang.


Investasi Saham

investasi-saham

Saham merupakan kepemilikan atas sebuah perusahan, semakin banyak saham yang kita miliki atas sebuah perusahaan maka semakin besar persentase kepemilikan atas perusahaan tersebut.

Dalam investasi saham sebaiknya dilakukan jika memang sudah memahami seluk beluk saham. Saham merupakan investasi yang potensial jika kita mampu melihat poin potensial itu, namun bisa juga tidak potensial jika kita tidak mampu memilah perusahaan dengan baik. Karena itulah banyak orang yang bermain dengan saham mengalami untung dan rugi secara terus menerus karena memang tidak ada yang bisa menjamin investasi saham selalu untung atau terus merugi.

Nah sebagai pemula, kita coba yang paling ringan dulu, misalnya jika ada teman yang memiliki usaha dan terlihat cukup berkembang, lalu usaha itu sedang membutuhkan modal untuk pengembangannya, disitulah kita bisa mencoba untuk mengambil peluang.


Investasi Peer to Peer Lending / P2P Lending

peer-to-peer-lending

Mungkin sebagian kita jarang mendengar Peer to Peer Landing atau P2P Lending karena memang P2P lending merupakan cara investasi yang cukup baru di Indonesia. Pada dasarnya dalam P2P Lending mirip dengan bank, dimana kita meminjamkan sejumlah uang kepada pihak yang membutuhkan, baik itu kepada individu ataupun badan usaha dan kita akan mendapatkan keuntungan melalui bunga dari pinjaman itu. Bagi pemula, cara investasi ini cukup mudah karena memang tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan bisa dimulai hanya dengan uang Rp. 100.000. Jika ingin tau lebih jauh tetang cara investasi baru ini atau berinvestasi yang aman bisa cek aja di Akseleran.co.id

Nah demikianlah cara investasi yang aman dan nyaman bagi pemula. Yuk mulai investasi aman dari sekarang.


Komentar

POPULAR POST