Langsung ke konten utama

Efek Positif Covid-19, Wanita Jadi Diam di Rumah


Pandemi Covid-19 menjadi hal cukup membingungkan bagi banyak orang, betapa tidak, segala lini kehidupan banyak berubah, banyak hal yang ditimbulkan oleh pandemic Covid-19 ini, ada yang positif, ada pula yang negatif. Baca : Covid-19, Makhluk Ciptaan Allah yang Sedang Viral

Kali ini aku gak akan bikin kamu berpikir yang negative-negatinya aja karena bagiku sebagai wanita, pandemic Covid-19 setidaknya memberi manfaat bagi kaumku, kaum wanita, yakni setidaknya kami jadi lebih sering di rumah dan hanya akan keluar rumah jika itu merupakan hal yang sangat penting sekali misalnya bekerja, berbelanja kebutuhan harian serta hal lainnya yang memang harus dilakukan di luar rumah.

sumber : islam.nu.or.id


Aku sebetulnya punya kegemaran jalan-jalan, yak arena emang suka, jadi ketika aku harus berdiam diri di rumah bahkan lebih banyak kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) demi kebaikan diri sendiri dan kebaikan orang lain, tentu menjadi hal yang sangat membosankan bagiku, tentu bagi kamu juga yang sudah terbiasa beraktivitas di luar rumah hampir setiap hari.

Namun aku jadi teringat pesan Islam tentang anjuran wanita untuk tetap diam di rumahnya.

Di dalam Al-Qur’an,  Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :




 Dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (QS. Al Ahzab: 33).

Nah kalau kita baca baik-baik sebuah ayat di atas, ada keuntungan bagi wanita yang tetap tinggal di rumah, wanita yang tidak keluyuran sambil berhias tanpa ada uzur yang syar’I, wanita tetap mendirikan shalat di rumah, menunaikan zakat serta mentaati perintah Allah SWT dan ajaran Rasulullah SAW. Keuntungannya adalah bisa menghindarkan kita dari dosa-dosa yang mungkin saja akan lebih banyak kita dapatkan saat di luar rumah.

Kebayang kan, keluar rumah dalam kondisi pandemi ini memang berbahaya berlipat ganda, udah berpotensi terinfeksi virus covid-19, belum lagi berpotensi menimbun dosa kalau keluar rumah tanpa uzur syar’i. jadi baiknya dirumah aja ya girls, ya walaupun membosankan.

Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar berdiam di rumah jadi lebih bermanfaat diantaranya
1.   Membaca buku yang belum pernah dibaca. Kalau engga punya ya beli aja dulu, hehe.
2. Menanam sayuran dan rempah dengan waktu panen cepat. Lumayan loh bisa menghemat beli sayur dan rempah di pasar. Jenis sayuran atau rempah yang bisa ditanam diantaranya sawi, kangkung, cabai, seledri, daun kunyit, sereh, dan lain sebagainya.
3.  Merenovasi perabotan rumah. Mungkin ada perabotan rumah yang ingin kamu ubah style-nya dan karena waktu yang dibutuhkan lumayan lama sehingga kamu gak bisa mewujudkan rencana kamu, nah masa-masa ini bisa kamu manfaatkan untuk itu.
4.  Merekatkan keharmonisan keluarga. Nah ini mungkin bagi mereka yang sebelumya kerja di luar rumah dan kini bisa kerja dari rumah, lumayan waktu ini bisa digunakan untuk bersama dengan keluarga dalam waktu yang lebih lama.

Apapun itu, musibah ini sudah terjadi dan yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa kepada Allah SWT atas kebaikan untuk diri kita. So, mari memanfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin ya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Book Review : Cinta Yang Tak Biasa (Natta Reza dan Wardah Maulina)

Sinopsis : Untuk sesuatu yang sangat kita cintai, seringkali kita rela merasakan cobaan terberat dalam hidup.
Dari susah hingga senang, jatuh untuk bangun, termasuk harus kehilangan banyak hal demi sebuah pertemuan yang berharga. Semua itu mesti dilalui untuk satu hal yang diyakini akan mengubah hidup kita : rasa cinta dari Tuhan.
Natta percaya,, dengan mengalahkan rasa cintanya kepada manusia maka suatu saat ia akan mendapat cinta yang lebih besar dari-Nya. Begitupun dengan Wardah, yang meyakini kalau Sang Pemilik Cinta telah menyiapkan seseorang yang akan mencintainya dengan tulus dan atas rida-Nya. Lalu, bagaimana Tuhan menyiapkan skenario untuk keduanya? Bukalah buku ini dan ikuti setiap kisah tentang cinta yang tak biasa dalam lembarnya.
Identitas Buku : Judul : Cinta yang Tak Biasa Penerbit: TransMedia Pustaka Penulis : Natta Reza dan Wardah Maulina Jenis Buku: Agama/Memoar Tebal Buku: 228 halaman
Natta Reza dan Wardah Maulina merupakan pasangan yang beberapa waktu belakangan ini …

Unboxing + Review Vienta Food Processor Flexie

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan produk ini ya, apalagi kalangan emak-emak yang emang suka masak berbagai macam masakan, yang tentunya juga sudah lihai menggunakan berbagai macam alat masak.
Kalau untukku, terus terang saja produk ini masih asing bagiku karena aku tidak terlalu paham dengan dunia masak-memasak. Awalnya temanku mengajak untuk mengikuti arisan produk ini, jika dilihat di toko online, harga produk ini berkisar antara 2-2,5 juta. Alhasil karena terlihat olehku adanya tulisan 11 in 1 di kotak dan banyak item di dalamnya, tentu semakin menarik dan bikin penasaran dong bagiku yang awam ini. Produk ini katanya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak, bahkan yang skala industri rumah tangga sekalipun, waahh bisa berdagang makanan nih (dalam hati), meskipun gak niat-niat amat sih.
Nah setelah aku menerima produknya, awalnya cukup kaget dengan ukuran produk. Kebetulan produk enggak dikirimin langsung ke rumah, jadinya aku jemput deh. Kupikir ini produk…

Istilah-istilah dalam Dunia Non Fiksi

Walau non fiksi tidak serumit membuat naskah fiksi, tetap segala aturan ketika menulis harus ditaati. PR besar ketika membuat naskah fiksi adalah bagaimana cerita yang dibuat bisa menarik, berbeda, dan bisa menyentuh hati pembaca. Dan PR besar ketika membuat naskah non fiksi adalah bagaimana naskah yang dibuat bisa memberikan manfaat, ilmu, dan motivasi dengan tulisan juga fakta yang disajikan. Sebelum memulai membuat naskah non fiksi, mari kenali lebih dalam beberapa istilah dalam dunia non fiksi.
1.Glosarium, ini adalahkumpulan daftar kata atau istilah penting yang disusun secaraalfabet dan dilengkapi dengan definisi atau penjelasan dalam bidang pengetahuan tertentu. Glosarium dapat dikatakan sebagai kamus singkat yang berkaitan dengan karya tulis tersebut. Glosarium biasanya selalu ada dibagian akhir buku. Ketika menuliskan suatu “istilah” dalam karya, kita bisa melakukan dua cara, pertama jelaskan istilah tersebut setelah istilah itu ditulis. Kedua, biarkan istilah itu ada di dalam…