Efek Positif Covid-19, Wanita Jadi Diam di Rumah


Pandemi Covid-19 menjadi hal cukup membingungkan bagi banyak orang, betapa tidak, segala lini kehidupan banyak berubah, banyak hal yang ditimbulkan oleh pandemic Covid-19 ini, ada yang positif, ada pula yang negatif. Baca : Covid-19, Makhluk Ciptaan Allah yang Sedang Viral

Kali ini aku gak akan bikin kamu berpikir yang negative-negatinya aja karena bagiku sebagai wanita, pandemic Covid-19 setidaknya memberi manfaat bagi kaumku, kaum wanita, yakni setidaknya kami jadi lebih sering di rumah dan hanya akan keluar rumah jika itu merupakan hal yang sangat penting sekali misalnya bekerja, berbelanja kebutuhan harian serta hal lainnya yang memang harus dilakukan di luar rumah.

sumber : islam.nu.or.id


Aku sebetulnya punya kegemaran jalan-jalan, yak arena emang suka, jadi ketika aku harus berdiam diri di rumah bahkan lebih banyak kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) demi kebaikan diri sendiri dan kebaikan orang lain, tentu menjadi hal yang sangat membosankan bagiku, tentu bagi kamu juga yang sudah terbiasa beraktivitas di luar rumah hampir setiap hari.

Namun aku jadi teringat pesan Islam tentang anjuran wanita untuk tetap diam di rumahnya.

Di dalam Al-Qur’an,  Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :




 Dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (QS. Al Ahzab: 33).

Nah kalau kita baca baik-baik sebuah ayat di atas, ada keuntungan bagi wanita yang tetap tinggal di rumah, wanita yang tidak keluyuran sambil berhias tanpa ada uzur yang syar’I, wanita tetap mendirikan shalat di rumah, menunaikan zakat serta mentaati perintah Allah SWT dan ajaran Rasulullah SAW. Keuntungannya adalah bisa menghindarkan kita dari dosa-dosa yang mungkin saja akan lebih banyak kita dapatkan saat di luar rumah.

Kebayang kan, keluar rumah dalam kondisi pandemi ini memang berbahaya berlipat ganda, udah berpotensi terinfeksi virus covid-19, belum lagi berpotensi menimbun dosa kalau keluar rumah tanpa uzur syar’i. jadi baiknya dirumah aja ya girls, ya walaupun membosankan.

Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar berdiam di rumah jadi lebih bermanfaat diantaranya
1.   Membaca buku yang belum pernah dibaca. Kalau engga punya ya beli aja dulu, hehe.
2. Menanam sayuran dan rempah dengan waktu panen cepat. Lumayan loh bisa menghemat beli sayur dan rempah di pasar. Jenis sayuran atau rempah yang bisa ditanam diantaranya sawi, kangkung, cabai, seledri, daun kunyit, sereh, dan lain sebagainya.
3.  Merenovasi perabotan rumah. Mungkin ada perabotan rumah yang ingin kamu ubah style-nya dan karena waktu yang dibutuhkan lumayan lama sehingga kamu gak bisa mewujudkan rencana kamu, nah masa-masa ini bisa kamu manfaatkan untuk itu.
4.  Merekatkan keharmonisan keluarga. Nah ini mungkin bagi mereka yang sebelumya kerja di luar rumah dan kini bisa kerja dari rumah, lumayan waktu ini bisa digunakan untuk bersama dengan keluarga dalam waktu yang lebih lama.

Apapun itu, musibah ini sudah terjadi dan yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa kepada Allah SWT atas kebaikan untuk diri kita. So, mari memanfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin ya…

Komentar

POPULAR POST