Covid-19, Makhluk Kecil Ciptaan Allah yang Sedang Viral

Kali ini kita akan membicarakan tentang sesuatu yang sedang viral yakni Corona Virus Desease (Covid-19) atau lebih dikenal Corona saja.

Dari wikipedia.com. Coronavirus 2019 ( COVID-19 ) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei China, dan sejak itu menyebar secara global, mengakibatkan pandemi koronavirus 2019-2020 yang sedang berlangsung sampai saat ini. 


Pada 25 April 2020, lebih dari 2,84 juta kasus telah dilaporkan di 185 negara dan wilayah, yang mengakibatkan lebih dari 199.000 kematian . Lebih dari 803.000 orang telah pulih.

Gejala umum penyakit ini yakni demambatukkelelahansesak napas dan kehilangan bau .  Sementara sebagian besar kasus menghasilkan gejala ringan, beberapa berkembang menjadi pneumonia virus, kegagalan multi-organ, atau badai sitokin.  Gejala yang lebih mengkhawatirkan adalah kesulitan bernapas, nyeri dada yang menetap, kebingungan, sulit bangun, dan kulit kebiru-biruan.  Waktu dari paparan hingga timbulnya gejala biasanya sekitar lima hari tetapi dapat berkisar dari dua hingga empat belas hari.

Virus ini terutama menyebar di antara orang-orang selama kontak dekat,  sering melalui tetesan kecil yang dihasilkan oleh batuk,  bersin, atau berbicara. Tetesan biasanya jatuh ke tanah atau ke permukaan daripada tetap berada di udara dalam jarak jauh . Orang juga dapat terinfeksi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah mereka. Dalam pengaturan eksperimental, virus dapat bertahan di permukaan hingga 72 jam. 

virus-corona
Virus Corona

Bagaimana perasaanmu setelah membaca keterangan di atas?  Mengerikan bukan?

Aku dulu awalnya tak terlalu perhatian dengan kemunculan virus ini, terlebih mengingat kemunculannya yang jauh dari Indonesia. Makhlus kecil ciptaan Allah SWT yang bernama panggilan Korona ini berada di Wuhan, China. Cukup deg-degan saat tahu bahwa virus ini semakin menyebar ke Negara lain sedangkan di Indonesia belum terdapat informasi orang yang terinfeksi hingga kemudian muncullah kabar sudah terdapat orang Indonesia yang terinfeksi virus ini.

Kekhawatiran semakin menjadi-jadi, banyak informasi berbentuk flyer, video ataupun berita yang mengabarkan tentang bahayanya virus ini. Fix virus ini semakin viral, terkenal dimana-mana, kurasa semua orang di dunia mengenalnya.

Namun dibalik ketakuan  demi ketakutan yang ada, tidak semestinya kita terus memelihara ketakutan tersebut sebab kita masih punya Allah SWT sebagai pelindung kita. Allah yang maha pengasih dan penyayang, Allah yang telah mengizinkan segala ini terjadi dan Allah lah pemilik obat dari segala penyakit.

Kini ketakutan itu sebaiknya jangan lagi sampai merampas keseluruhan kebahagiaan kita. Kita bisa tetap bahagia dan mensyukuri apa yang terjadi, terus bertaubat kepada Allah dan jangan lupa berikhtiar agar terhindar dari penyakit ini.

Ada beberapa langkah yang disarankan untuk mencegah infeksi virus korona sebagai bentuk ikhtiar kita sembari memohon perlindungan dari Allah SWT.
1.      Berdoa
2.       Sering mencuci tangan selama 20 menit, sediakan selalu hand sanitizer agar tangan selalu dalam kondisi bersih
3.       Menjaga jarak fisik dari orang lain (terutama dari mereka yang memiliki gejala) minimal 1 meter.
4.      Menutupi mulut dan hidung saat batuk/ bersin.
5.      Tidak menyentuh wajah dengan tangan saat tangan diragukan kebersihannya.
6.      Gunakan penutup wajah atau masker

Demikianlah mari sama-sama berdoa semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir. Agar kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih tenang. Aamiin

Komentar

Postingan Populer