Bantu yang Terdampak Covid-19? Ini Gerakan Donasi yang Bisa Kamu Ikuti


Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Banyak mereka yang merasakan akibatnya, banyak usaha-usaha yang mulai terjadi penurunan keuntungan sampai banyak yang di-PHK dari tempat kerja. Kemiskinan, kelaparan, pengangguran dan kriminalitas merupakan akibat buruk dari pandemi ini.

Untuk itu sebagai sesama manusia penting bagi kita untuk peduli dengan mereka yang terdampak. Jika hatimu tergerak untuk membantu sesama, berikut link-link donasi yang bisa kamu manfaatkan

donasi-penggalangan-dana
Ilustrasi Donasi (Sumber : shutterstock)


1.  Kegiatan Bagi-Bagi Sembako

Diam di rumah tentu menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang kehilangan pekerjaannya. Mendapatkan bahan makanan untuk sehari-hari menjadi lebih sulit. Untuk itu donasi  sembako secara mandiri atau bareng sama teman-teman dan organisasi kamu merupakan cara yang tepat

2.  Bagi-Bagi Alat Pelindung Diri
Memang tidak semua orang akan berada di rumahnya terus-menerus, pun sebagian orang masih bekerja setiap hari di luar rumah, dan juga tentu sebagian orang lainnya butuh keluar rumah untuk berbagai keperluan. Nah jika memutuskan untuk keluar rumah, berbagai hal perlu disiapkan. Daripada menimbun atau menjualnya,  kamu bisa donasi agar  mereka yang keluar rumah tetap bersih dan sehat dari Covid-19. Barang-barang yang bisa kamu donasikan adalah :
-          APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis
-          Masker
-          Hand Sanitizer
-          Sabun Cuci Tangan
-          Desinfektan
-          Vitamin

3.  Donasi Online
Jika memang tak suka berdonas secara langsung, kamu juga bisa donasi secara online ke berbagai pihak yang menerima donasi
 
 
a.         UNICEF
Donasi ke UNICEF untuk membantu memastikan perlindungan dan kesejahteraan anak-anak di seluruh Indonesia. Donasi Kamu akan membantu 
       -    Mengirim lebih banyak Paket Alat Kebersihan serta Paket Alat Bermain dan Belajar untuk 35.000 anak yatim di panti asuhan melalui Pemerintah.
       -   Paket Alat Kebersihan terdiri dari sabun cuci tangan, disinfectant, detergent khusus untuk virus dan kuman, handuk personal untuk masing-masing anak.
       -    Paket Alat Bermain dan Belajar terdiri dari crayon, buku gambar, boneka tangan, balon warna warni, puzzle huruf.
       -    Selain bantuan Paket Alat Kebersihan serta Paket Alat Bermain dan Belajar, UNICEF juga membantu kegiatan komunikasi pencegahan Covid19.
       -     Donasi Anda juga akan membantu mengirim lebih banyak Paket Alat Pelindung Diri untuk tenaga medis melalui Pemerintah, serta memastikan anak-anak tetap mendapat akses gizi dan kesehatan.
       -     UNICEF juga memastikan guru, tenaga kesehatan dan orang tua mendapat pentunjuk yang tepat selama proses penanganan Covid-19 berlangsung.
  
  
       b.  Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa juga menerima donasi. Penerima Manfaatnya adalah Tenaga Kesehatan di RS rujukan Corona (Bantuan: Alat Pelindung Diri), Keluarga Dhuafa yang Terisolasi (Bantuan: Kebutuhan Harian, Layanan Ambulans) serta Fasilitas publik (Penyemprotan Desinfektan). Jenis Bantuan adalah Alat Pelindung Diri (APD), Alat Desinfektan (Alat Semprot dan Disenfection Chamber), Hand Sanitizer, Sabun Cuci Tangan, Vitamin, Layanan Ambulans, Kebutuhan Harian dan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona


c.   Kita Bisa Dot Com
Kitabisa.com sudah dikenal sebagai situs yang menerima donasi untuk berbagai kasus termasuk kasus pandemi virusccorona. Kitabisa.com mengajak para pembaca dari rumah kita bisa membantu memerangi COVID-19 dengan membantu mereka dengan berdonasi dalam upaya memberikan masker, hand sanitizer, sabun pencuci tangan dan alat pelindung diri lainnya untuk mereka yang terdepan melawan COVID-19 atau bagi tenaga medis.

Nah sekian  ide-ide serta link donasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu sesama selama pandemi Covid-19 ini. Walaupun jumlahnya sedikit, namun dengan membantu bersama-sama tentu akan memberikan manfaat yang besar bagi mereka yang membutuhkan.

Baca Juga : 


Jika kamu ingin menambahkan ide atau link donasinya, silakan komen di kolom komentar ya. akan kita update

Komentar

POPULAR POST