Langsung ke konten utama

Jangan Lupakan Oli untuk Motor Kesayangan, Pakai Pertamina Enduro


Cerita menyedihkan akan aku sampaikan di awal artikel ini. Maaf ini bukannya mau bikin kamu yang baca jadi gak semangat, hanya saja memang kalau menghayati kata “oli motor”, dua kata itu merupakan kata yang menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi ceritanya aku punya motor kesayangan kusebut dia Greenzy karena memang motor matic-ku ini berwarna hijau, ya karena memang aku sukanya hijau sih.

Kala itu kesibukan kuliah dan organisasi membuatku benar-benar menggunakan Greenzy dengan amat sangat sering. Ia benar-benar menjadi teman perjalanku dari mulai beraktivitas di pagi hari hingga malam hari. Aku tipe orang yang mudah lupa sehingga seringkali urusan motor diingatkan oleh  saudaraku, termasuk soal ganti oli.

Memang waktu itu sudah saatnya  Greenzy ganti oli dan sudah diingatkan oleh saudaraku. Namun kala itu memang aktivitas sedang banyak-banyaknya sehingga aku menunda dan selalu menunda untuk mengganti oli motor karena memang merasa tidak punya waktu untuk mampir ke bengkel. Sebenernya sih bisa saja menyediakan waktu sebentar untuk mengganti oli namun saat di perjalanan aku benar-benar lupa untuk singgah.

Alhasil kala itu aku sedang beraktivitas di luar rumah, malam hari pula, dan Greenzy tiba-tiba mengeluarkan bunyi yang tak seperti biasa, seperti ada goresan-goresan besi saat di gas, namun perjalanan masih panjang sehingga aku terus berusaha melanjutkan perjalanan sehingga semakin lama motor semakin tak bisa di gas, kekuatan gas tiba-tiba melemah, semakin lama kecepatan motor semakin berkurang walau aku menarik gas dengan kekuatan yang sama hingga di suatu titik, Greenzy memelan laju kemudian benar-benar berhenti.

Kala itu, aku masih tak tau masalahnya sebab aku melihat tangki bahan bakar terisi penuh. Kucoba untuk menghidupkan kembali mesin, terdengar lagi suara yang tak biasa dan cukup mengerikan menurutku, motor masih bisa jalan walau pelan, dipaksa, sebab sudah malam dan jalan raya tak terlalu ramai. Hingga kemudian pasrah sebab Greenzy benar-benar tak bisa dibujuk lagi.

Bingung dong, tentu saja jalan satu-satunya adalah cari bantuan. Setelah diperiksa oleh ahlinya barulah diketahui bahwa oli sudah kering dan mesin harus dibongkar untuk diganti yang baru, banyak sekali alat-alat yang harus diganti dan biayanya tidaklah murah.

Sreg, menyesal dong, tentu saja. Selama ini aku cukup tahu kegunaan oli namun tidak menyangka kalau akibatnya akan sedemikian parah. Akhirnya waktu tersita, merasa ketakutan, biaya pengeluaran membengkak dan tentunya aktivitas jadi tertunda. So, sebegitu pentingnya rajin ganti oli.

Sejak itu memang Greenzy sudah tak seperti dulu, jadi gak nyaman lagi dibawa untuk ngebut, terasa sekali kekuatan mesin berkurang drastis, dan udah takut jika harus dibawa perjalanan jauh. Yah mau gimana lagi kan ya.

oli-motor
sumber gambar : otosia.com

Belajarlah dari pengalaman, sejak itu aku benar-benar memperhatikan oli motor matic untuk Greenzy. Aku harap kamu yang membaca ini juga demikian ya. jangan pernah menunda-nunda ganti oli sebab kegiatan menunda-nunda juga gak baik kan.

Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian” (QS. Al-Ashr : 1-2)

Al Hasan Al Bashri berkata, “Hati-hati dengan sikap menunda-nunda. Engkau sekarang berada di hari ini dan bukan berada di hari besok. Jika besok tiba, engkau berada di hari tersebut dan sekarang engkau masih berada di hari ini. Jika besok tidak menghampirimu, maka janganlah engkau sesali atas apa yang luput darimu di hari ini.”


Bisa dibilang pelumas/oli merupakan bagian yang amat sangat penting bagi motor setelah bahan bakar. Fungsi oli pada dasarnya sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan terbebas dari gangguan. Selain itu oli berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli  juga mengandung lapisan-lapisan halus yang berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Salah satu oli mesin yang aku sarankan adalah oli mesin dari Pertamina Enduro Matic dari PT. Pertamina Lubricant. Saat ini PT Pertamina Lubricants memiliki 167 Produk yang dijual untuk pasar ritel otomotif dan Industri baik secara domestik dan overseas, dan salah satunya adalah produk Enduro. Oli enduro ini termasuk oli motor terbaik. Tak hanya berkualitas, harga oli Enduro Matic juga sangat terjangkau. 


pertamina-enduro


Ada dua jenis oli yang tersedia dipasaran, yakni Enduro Matic 10W-30 dan Enduro Matic-G 20W-40. Berikut adalah harga oli motor matic Enduro tahun 2020

1.
Harga Enduro Matic 10W-30
o.8 Liter
Rp. 37.000
2.
Harga Enduro Matic 10W-30
1 Liter
Rp. 39.000
3.
Harga Enduro Matic-G 20W-40
0.8 Liter
Rp. 34.000
4.
Harga Enduro Matic-G 20W-40
1 Liter
Rp. 40.000

logo-pertamina-enduro

Nah setelah tahu ada oli motor yang baik, yuk, hilangkan kebiasaan suka menunda-nunda dari sekarang. J

Komentar

  1. Suamiku juga pakai kak. Emang bagus banget ya Ensuro. Saya pun direkomendasiin temen yg jg pakai Enduro

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Unboxing + Review Vienta Food Processor Flexie

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan produk ini ya, apalagi kalangan emak-emak yang emang suka masak berbagai macam masakan, yang tentunya juga sudah lihai menggunakan berbagai macam alat masak.
Kalau untukku, terus terang saja produk ini masih asing bagiku karena aku tidak terlalu paham dengan dunia masak-memasak. Awalnya temanku mengajak untuk mengikuti arisan produk ini, jika dilihat di toko online, harga produk ini berkisar antara 2-2,5 juta. Alhasil karena terlihat olehku adanya tulisan 11 in 1 di kotak dan banyak item di dalamnya, tentu semakin menarik dan bikin penasaran dong bagiku yang awam ini. Produk ini katanya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak, bahkan yang skala industri rumah tangga sekalipun, waahh bisa berdagang makanan nih (dalam hati), meskipun gak niat-niat amat sih.
Nah setelah aku menerima produknya, awalnya cukup kaget dengan ukuran produk. Kebetulan produk enggak dikirimin langsung ke rumah, jadinya aku jemput deh. Kupikir ini produk…

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…