Langsung ke konten utama

Perlukah Resolusi Tahun Baru?


resolusi-tahun-baru

Hai tak terasa udah tahun baru aja nih ya, udah sejumlah 2019 berlalu tahun masehi.  Apa kabar sepanjang tahun 2019? Apakah kamu pernah punya resolusi hidup di awal tahun 2019 lalu seperti aku?

Jujur saja aku adalah tipe orang yang sangat suka membuat resolusi, ya meskipun setiap tahunnya tidak pernah tercapai semuanya namun bagiku membuat resolusi itu bisa menjadikan hidupku lebih semangat saja.

Membuat resolusi membuatku berpikir keras di awal-awal tahun apa yang seharusnya aku lakukan kedepannya, dan tentu saja hal itu membuat hidupku lebih terarah, jadinya aku bisa pilah pilih mana kegiatan yang penting dan baik untuk aku lakukan atau yang lebih baik tak usah dilakukan saja. 

Simpelnya, aku bisa mengatur dalam setahun kedepan lebih dominan menjadi manusia yang bermanfaat dan mampu memanfaatkan waktu atau justru menjadi manusia yang tak berguna dan hanya menyia-nyiakan waktu.

Nah seiring berjalannya  waktu tak terasa resolusiku terdapat perubahan. Perubahan yang sangat signifikan itu adalah jumlah resolusi yang semakin sedikit dari tahun ke tahun serta resolusi yang lebih detail. Tentu, semakin dewasa kita maka kita akan lebih berpikir rasional untuk merencakan segala sesuatunya dalam hidup kita.

Setidaknya ada 7 hal yang harus dilakukan dalam membuat resolusi
1.   Alasan Mendasar
Apasih alasan terkuat kita untuk membuat resolusi yang kita tentukan? Jika tak punya alasan yang kuat tentu saja resolusi itu menjadi hal yang sulit untuk dicapai. Nah mari perkuat lagi alasan mengapa sih kita ingin sekali mendaftarkan resolusi tersebut?

2. Luaskan niatnya
Selain untuk membanggakan diri sendiri atas berhasilnya resolusi tersebut. Cobalah untuk menargetkan resolusi yang bisa bermanfaat bagi orang lain misalnya keluarga atau bahkan masyarakat sekitar. Bisa jadi resolusi tersebut akan lebih mudah untuk diwujudkan.

3.  Detailkan targetnya
Aku pernah membuat resolusi yang terlalu umum sehingga menyulitkan aku untuk mengetahui apa yang sebenarnya ingin aku capai dan sebatas mana pencapaian yang aku inginkan tersebut. Oleh karena itu sangat aku anjurkan untuk membuat resolusi sedetail mungkin.

4. Rasakan sensasinya
Coba bayangkan terus jika resolusi tersebut bisa kita capai. Rasakan sedalam-dalamnya keberhasilan tersebut semoga hal itu akan mampu lebih memantapkan hati untuk mencapainya.

5.  Komitmenkan aktivitasnya
Untuk mencapai sebuah harapan yang besar, tentu kita membutuhkan proses yang tidak sebentar bahkan menempuh proses yang rumit. Itu sudah sewajarnya kita hadapi oleh karena itu komitmen dari awal itu penting sekali.

6.  Evaluasi  prosesnya
Jangan biarkan waktu berlalu sedangkan resolusi entah apa kabarnya. Periksa lagi resolusi yang pernah dibuat dan evaluasi sudah sejauh mana kedekatan kita dengan pencapaian resolusi tersebut

7.  Pasrahkan semuanya
Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah pasrahkan semuanya. Namun yang perlu dicatat adalah, pasrahkan semuanya jika memang kita merasa sudah melakukan usaha dengan sebaik-baiknya. Jika memang pada akhirnya belum mampu untuk mencapai resolusi tersebut maka itu artinya resolusi tersebut belum layak untuk kita dan masih ada tahun depan untuk kembali dengan resolusi yang baru.

Berikut adalah hal-hal secara umum yang sangat perlu untuk dijadikan resolusi :
1.  Keuangan
Tentu saja, uang memang tak menjamin kebahagiaan namun ada banyak hal yang bisa  kita lakukan dengan menggunakan uang bahkan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu resolusi di bidang keuangan ini sangat penting

2.  Keluarga
Keluarga merupakan bagian penting dalam hidup maka jangan lewatkan untuk membuat resolusi mengenai keluarga.

3.  Pertemanan / Sosial
Jaringan pertemanan yang luas tak akan membuat kita menjadi rugi. Sebagai makhluk sosial, cobalah untuk menata kembali jaringan pertemanan.

4.  Kesehatan
Tak ada yang bisa membayar kesehatan maka jangan sampai mengabaikannya, buatlah resolusi mengenai kesehatanmu.

5.  Hobby / Kegemaran
Agar seimbang, hidup juga harus mementingkan kesenangan diri, maka buatlah resolusi untuk diri sendiri.

6. Peningkatan Kualitas Diri
Manusia memang harus terus belajar sampai akhir hayatnya maka jangan pernah biarkan kualitas diri jadi menurun, buatlah resolusi untuk meng-upgrade kualitas diri kita.

7.  Keimanan
Bagian terpenting dalam hidup adalah keimanan, coba cek kembali daftar resolusi kita apakah semuanya hanya tentang dunia? Lalu dimanakah tujuan akhirat kita  tempatkan? Maka jangan sampai resolusi yang kita buat justru membuat kita terlalu cinta dunia dan melupakan akhirat.

Nah, sudah siapkah resolusimu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Book Review : Cinta Yang Tak Biasa (Natta Reza dan Wardah Maulina)

Sinopsis : Untuk sesuatu yang sangat kita cintai, seringkali kita rela merasakan cobaan terberat dalam hidup.
Dari susah hingga senang, jatuh untuk bangun, termasuk harus kehilangan banyak hal demi sebuah pertemuan yang berharga. Semua itu mesti dilalui untuk satu hal yang diyakini akan mengubah hidup kita : rasa cinta dari Tuhan.
Natta percaya,, dengan mengalahkan rasa cintanya kepada manusia maka suatu saat ia akan mendapat cinta yang lebih besar dari-Nya. Begitupun dengan Wardah, yang meyakini kalau Sang Pemilik Cinta telah menyiapkan seseorang yang akan mencintainya dengan tulus dan atas rida-Nya. Lalu, bagaimana Tuhan menyiapkan skenario untuk keduanya? Bukalah buku ini dan ikuti setiap kisah tentang cinta yang tak biasa dalam lembarnya.
Identitas Buku : Judul : Cinta yang Tak Biasa Penerbit: TransMedia Pustaka Penulis : Natta Reza dan Wardah Maulina Jenis Buku: Agama/Memoar Tebal Buku: 228 halaman
Natta Reza dan Wardah Maulina merupakan pasangan yang beberapa waktu belakangan ini …

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Unboxing + Review Vienta Food Processor Flexie

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan produk ini ya, apalagi kalangan emak-emak yang emang suka masak berbagai macam masakan, yang tentunya juga sudah lihai menggunakan berbagai macam alat masak.
Kalau untukku, terus terang saja produk ini masih asing bagiku karena aku tidak terlalu paham dengan dunia masak-memasak. Awalnya temanku mengajak untuk mengikuti arisan produk ini, jika dilihat di toko online, harga produk ini berkisar antara 2-2,5 juta. Alhasil karena terlihat olehku adanya tulisan 11 in 1 di kotak dan banyak item di dalamnya, tentu semakin menarik dan bikin penasaran dong bagiku yang awam ini. Produk ini katanya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak, bahkan yang skala industri rumah tangga sekalipun, waahh bisa berdagang makanan nih (dalam hati), meskipun gak niat-niat amat sih.
Nah setelah aku menerima produknya, awalnya cukup kaget dengan ukuran produk. Kebetulan produk enggak dikirimin langsung ke rumah, jadinya aku jemput deh. Kupikir ini produk…