Saya Milennial, Saya Melek IT

millenial-melek-it

Generasi saat ini yang sering diistilahkan sebagai generasi millennial, yakni adalah generasi yang menerima dampak dari pesatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Seperti yang bisa kita lihat saat ini, teknologi sudah merambah ke berbagai sisi kehidupan manusia terutama teknologi informasi atau yang sering disingkat IT. IT berasal dari singkatan Bahasa Inggris “Information Technology”. IT adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang berhubungan dengan pembuatan, penyimpanan hingga penyebaran informasi. Contoh dari IT adalah handphone, komputer, televisi, internet dan lain sebagainya.

Data yang disampaikan oleh situs Websindo menjelaskan bahwa dari Januari 2018 sampai dengan Januari 2019, pertumbuhan penggunaan IT di masyarakat melebihi pertumbuhan jumlah penduduk itu sendiri. Keren sekali bukan? 

Pertumbuhan penduduk Indonesia sebesar 1%, tapi pertumbuhan internet tercatat 13%, media sosial 15% dan mobile media sosial 8,3%. Ini artinya pertumbuhan pengguna internet dan media sosial di masyarakat  melesat jauh  dibanding pertumbuhan penduduk.

milennial-melek-it

Data tersebut menunjukkan bahwa memang dunia IT sedang tumbuh pesat dan menjalari kehidupan masyarakat Indonesia. Selain itu mari kita lihat berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia dalam mengakses media termasuk sosial media?

milennial-melek-it

Internet lah yang paling dominan, rata-rata orang berselancar menghabiskan waktu 8 jam 36 menit per harinya. Setelah itu disusul oleh Media Sosial dengan  durasi 3 jam 26 menit. Televisi ternyata masih jadi favorit masyarakat dengan lama nonton mencapai 2 jam 52 menit. lalu yang terakhir adalah streaming musik dengan total durasi 1 jam 22 menit.

Data tersebut menunjukkan bahwa perkembangan dunia digital di Indonesia sangatlah menjanjikan, baik dari sisi pengguna internet, pengguna media sosial, bahkan pengguna ponsel-ponsel pintar sampai dengan alat-alat teknologi informasi. Ini juga tentunya mempengaruhi pandangan terhadap estimasi atau peluang-peluang usaha kemana arah bisnis kedepannya. Tentu saja, perusahaan yang hanya mengandalkan cara-cara konvensional dan tradisional sebab tak mampu atau bahkan tak ingin membaur bersama perkembangan zaman akan tergilas oleh perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan teknologi informasi dalam operasional bisnisnya.

Masyarakat Indonesia saat ini khususnya generasi milennial sangat dekat dengan dunia IT meskipun sebenarnya kita masih sangat kalah jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang sudah sangat maju akibat pemanfaatan IT, kita masih kalah dalam hal mengeksplorasi IT tersebut. 


milennial-melek-it

Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya bertindak sebagai pemakai apa-apa saja yang sudah dibuat oleh orang di Negara lain padahal sebetulnya kita khususnya generasi milenial saat ini pasti sanggup dan bisa untuk  menciptaka inovasi-inovasi terbaru dalam bidang IT hingga pada akhirnya kita bisa menjadi pencipta bukan hanya sebagai pengguna ciptaan orang lain.

Saya dan kamu para generasi 90-an tentu merasakan betul perubahan itu, dimana saat kecil kita sama sekali tidak mengenal gadget namun kini ponakan kita yang masih balita sudah bisa nelpon pakai handphone andorid. Belum lagi  seluk beluk dunia internet lainnya. Meski demikian saya tak menganggap itu sebagai ancaman namun justru peluang dimana kita sebagai generasi milennial harus melek terhadap perkembangan dunia IT. Meski banyak isu negatif terhadap masyarakat sebagai akibat dari perkembangan IT justru disitulah peran kita untuk menjadikan perkembangan IT sebagai perkembangan yang positif. Generasi millennial Indonesia  berpotensi untuk menjadi inovator hanya jika mereka paham dan punya niat untuk menggenggam dunia IT. Jadi mari katakan bahwa kita sadar, kita bisa dan kita akan mewujudkannya...

Lalu, bagaimana caranya?

Information Technology (IT) tidak terlepas dari internet, oleh karena itu penting bagi generasi milennial untuk belajar memahami dan mengembangkan  IT, dimana nantinya generasi millennial tidak hanya paham menggunakan internet namun bisa paham bagaimana internet itu diciptakan sehingga bisa muncul inovasi-inovasi baju demi kemajuan Indonesia.

Pendidikan tentu masih menjadi kunci penting bagi kemajuan anak bangsa generasi milenial, belajar tak harus di kursi pendidikan formal sebab ada banyak pendidikan non formal seperti program kursus IT atau pelatihan-pelatihan sejenis lainnya yang tersedia, 

Disini saya memiliki saran salah satu tempat pendidikan komputer adalah di Nurul Fikri yakni NF Computer sebagai IT Training Sollution yang memberikan solusi agar generasi millennial melek  sekaligus paham seluk beluk IT.

Jika kamu akses web mereka maka kamu akan menemukan tampilan dengan berbagai jenis program kursus seperti di bawah ini.


milennial-melek-it


NF Computer IT Learning Solutions  memiliki
 beberapa program yang disediakan namun di sini saya contohkan 2 saja ya, sebab 2 program ini menurut saya yang paling penting dikuasai oleh generasi milennial dikarenakan efeknya bisa sangat luar biasa.

Pertama adalah Programming

NF Computer menyelenggarakan kursus programming dan web dari tingkat dasar sampai tingkat mahir. Generasi milennial khususnya pemuda tentu adalah generasi yang dalam sisi fisik dan mental berada dalam kondisi terbaik sehingga sayang jika tidak dimanfatkan dengan belajar. Walau usia sudah tidak muda lagi pun tetap saja kita masih perlu belajar. Usia bukanlah halangan untuk seseorang belajar suatu hal baru, termasuk belajar pemrograman web. 

Karena internet sudah menjadi kebutuhan mayoritas orang, oleh karena itulah bagi saya program ini menjadi sangat penting untuk dikuasai oleh para generasi milennial. Apasih manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam program ini?

milennial-melek-it


Belajar programming memang tidak mudah namun ketidakmudahan itulah yang justru bisa meningkatkan kapasitas, tentunya di sini kita bisa Belajar Berpikir Logis, Teliti,  Berpikir Sistematis, Belajar Memecahkan Masalah hingga akhirnya mampu Mengembangkan Potensi Diri.


Kedua Graphic Design

NF Computer menyelenggarakan kursus desain grafis, Photo & Image Editing with GIMP/Photoshop, Desktop Publishing with Scribus/InDesign, serta Vector Graphic Editing with Inkscape/CorelDraw. Saya mengulas  program kursus Graphic Design karena memang saya merasa benar-benar membutuhkan jasa mereka.

Jasa seorang desainer grafis sudah dibutuhkan sejak dulu, apalagi kini di saat orang-orang semakin dominan berinteraksi menggunakan media sosial dan internet maka semakin banyak pula kebutuhan akan desain grafis. Saya pun termasuk orang yang sering menggunakan jasa-jasa mereka entah untuk membuat logo brand sederhana, desain spanduk sampai untuk kebutuhan membuat CV. Oleh karena itu saya rasa sangat penting generasi millennial paham dunia desain grafis agar nantinya bisa mandiri dalam mengelola dunia IT.

Menjadi desainer grafis itu memang tidak mudah dan diperlukan kesabaran untuk menjalaninya, para desainer tidak hanya harus menguasai aplikasi desain, namun juga harus memiliki pemikiran yang kreatif supaya desain yang dihasilkan dapat menarik mereka yang melihatnya.  Meski demikian, percayalah hasilnya akan sebanding dengan usaha yang dikerahkan.

Dilansir dari halaman web NF Computer ada sejumlah keunggulan yang bisa didapatkan bagi seoarang desainer grafis, seperti di bawah ini:

milennial-melek-it

Berbanggalah mereka yang bekerja sebagai desainer grafis karena pekerjaan sejati seorang desainer grafis adalah sebagai problem solver atau penyelesai masalah. Mereka akan mengurai, menganalisa melakukan riset guna mencari solusi agar masalah dapat dipecahkan dalam bentuk  sebuah pesan visual yang mudah dimengerti oleh orang banyak. Hal tersebut bisa dilakukan karena seorang desainer grafis adalah pendengar yang baik.

Seorang desainer grafis pastinya kreatif dan inovatif karena memang pekerjaanya menuntut demikian. Mereka mampu mengikuti perkembangan zaman, sebuah kemampuan yang memang harus dimiliki oleh generasi millennial. Pun juga seorang desainer grafis itu bersifat estetis dan fungsional, tak hanya berdasarkan faktor estetika namun juga berdasarkan fungsi, begitu seimbang bukan?

Yang terakhir, seorang desainer grafis itu tidak basa-basi alias to the point dan jelas, setiap hasil karyanya menyampaikan informasi secara langsung dan utuh sehingga setiap karyanya bisa bermanfaat secara maksimal.

Menarik ya programnya?

Terlepas dari bagusnya program yang dimiliki oleh NF Computer tetap saja yang menjadi pelakunya adalah diri  kita sendiri apakah kita mau dan kita pantas untuk menjadi pemuda yang melek dan paham IT serta manjadi yang pantas mengembangkan IT sehingga bisa berbuat lebih banyak dan lebih baik? 

Nah jadi sebelum memutuskan untuk belajar pastikan kamu mempersiapkan diri dengan benar yakni dibekali dengan niat yang benar, komitmen, serta tak sungkan bekerja keras, teruslah berlajar dimanapun berada, insyaAllah kamu bisa ciptakan peluangmu sendiri.

Berikut video profil NF Computer



Demikian, semoga kita para generasi milennial Indonesia tetap semangat demi negara Indonesia yang lebih baik. 

#sumpahpemuda #nfcomputer #ITtraining #kursuskomputerdepok





Komentar

  1. 0Saya selalu kagun dengan programer dan designer grafis. Tampak keren gimana gitu. Ingin juga belajar ilmu-ilmu baru tentang dunia IT

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, saya juga, ngerasa kagum aja dengan orang-orang yang bergelut dalam dunia IT. btw, terimakasih ya sudah mampir

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer