Menabung Jadi Tak Terasa, Gunakan Kotak Silang ini

tabungan

Menabung artinya upaya menyimpan sebagian uang atau barang biasanya difungsikan sebagai dana darurat jika suatu saat nanti dibutuhkan. Memang kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, apa yang akan terjadi pada hidup kita nanti tak dapat diprediksi sehingga penting untuk memiliki tabungan. Selain itu tabungan juga bisa diinvestasikan agar dana yang disimpan bisa terus bertumbuh dan tidak habis beringinan dengan waktu.

Meski tabungan dianggap sangat penting, masih banyak orang yang kesulitan untuk menabung karena berbagai alasan. Diantaranya karena gaji yang minim dan hanya bisa digunakan untuk kebutuhan hidup, sampai dengan memang punya gaya hidup yang boros.

Mengingat pentingnya menabung demi masa depan, saya pun merasakan betapa sulitnya menabung, mau ditaruh di rumah atau di buku tabungan sekalipun tetap saja sulit, saya pernah menyisakan uang di buku tabungan sebagai tabungan saya namun pesona dari online shop dan kemudahan transaksi online membuat saya sulit untuk menyimpan uang di sana. Saya juga pernah menabung di celengan namun saat tiba musim paceklik tetap tidak bisa membuat saya mempertahankan tabungan saya. Saya merasa miris dengan diri saya.

Namun kini saya punya cara menabung yang lebih baik bahkan cara ini mampu meningkatkan motivasi dan keinginan saya untuk terus bisa menabung.

tabungan
Saya menabung menggunakan kotak silang yang ditulis di atas kertas. Cara ini saya dapatkan dari teman saya yang mana teman saya tersebut sudah bisa menabung  sesuai dengan nominal keinginannya. Cara ini unik menurut saya. Saya sempat mengaplikasikannya dan Alhamdulillah cara ini berhasil membuat saya mendapatkan nominal yang saya inginkan.
Berikut caranya.

Pertama,
Siapkan  kertas kosong, kalau yang saya gunakan adalah kertas HVS kosong, siapkan juga pena, penggaris, kalkulator dan tentu saja celengan untuk meletakkan uang. Jika kamu gak punya celengan dan males belinya yaudah gunakan saja kotak yang dibolong atau apa saja yang bisa digunakan untuk menaruh uang. Usahakan celengannya gak ada gambar manusia atau binatang ya.

Kedua,
Tentukan motivasimu. Tentukanlah berapa nominal kamu ingin menabung, dalam tempo berapa lama, dan untuk apa digunakan. Hal ini bisa jadi motivasi kamu. Misalnya akan menabung 5 juta dalam tempo setahun dan digunakan untuk berkurban dua orang saat bulan Zulhijjah tahun depan.

Ketiga,
Tuliskan judul nominal. Lebih baik disertai dengan tempo dan tujuan menabung. Ini opsional saja dan terserah keinginan masing-masing. Lebih baik tuliskan saja hal-hal yang bisa menambah motivasi diri dalam menabung.

Keempat,
Buatlah kotak-kotak. Usahakan nominal tabungan adalah genap dan mudah dihitung misalnya 1.000.000, 5.000.000 atau 10.000.000. kamu bisa buat kotak-kotak sebanyak 10 baris dan 10 kolom. 

Kelima,
Bagilah nominal tabungan ke dalam kotak-kotak. Misalnya tabungan 5.000.000 dibagi 10 baris kotak adalah 500.000 ribu per baris kotak. Nah setiap baris kotak yang berisi 10 kotak itu diisi dengan total nominal 500.000. boleh mulai per baris atau per shaf, saya biasanya mulai per shaf.
tabungan
Keenam,
Pastikan keakuratan angka. Kamu bisa gunakan kalkulator jika kesulitan membagi angka. Gunakan juga kalkultor untuk menjumlahkan angka yang sudah dibagi-bagi tadi agar pas. Gunakan angka yang genap sesuai dengan nomimal uang kertas, misalnya diakhiri dengan 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000 karena jika menggunakan angka yang terlalu variatif akan menyulitkan proses menabung. Misalnya nih jika kamu menulis nominal  55.550 pada sebuah kotak, kemanakah kamu akan mencari uang 50,- ?

Ketujuh,
Percobaan. Saat semua proses pembuatan tabungan kotak silang telah selesai dilaksanakan, jangan lupa untuk langsung menabung sebagai pembukaan. Siapkan uangnya, coret silang di kotak yang memuat angka yang akan ditabung, lalu masukkan uang ke celengan. Selesai deh, pastikan letakkan kertas kotak silang berdekatan dengan pena dan celengan ya.

Baca Juga :

Nah sekianlah tips menabung yang sudah saya terapkan sendiri. Yang saya rasakan saat menabung dengan cara ini adalah saya merasa begitu  bahagia, bangga serta termotivasi saat saya mencoret-coret angka di kertas. Gerakan mencoret kertas itu saya rasakan sebagai gerakan kemajuan karena telah berhasil mengalahkan diri terhadap sikap boros dan berhasil tidak mengeluarkan uang untuk yang tidak penting.
Boleh dicoba yaa….

Komentar

POPULAR POST