Langsung ke konten utama

11 Barang Cadangan yang Harus Dibawa Muslimah Saat Travelling



muslimah-travelling

Saat travelling tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan ya, apalagi jika bisa pergi travelling bersama dengan orang-orang yang disayangi. Pergi travelling dengan menginap beberapa hari tentu membuat kita repot dalam menyiapkan segala sesuatunya, apalagi buat para wanita yang terkenal rempong. Sebenarnya bukan rempong sih, cuma ya udah fitrahnya aja dimana wanita itu punya  barang-barang se-abrek yang itu gak dimiliki oleh para laki-laki.

Misalnya aja nih ya pakaian muslimah yang full berhijab seluruh tubuh, dalam satu paket berpakaian mereka tentu gak sesimpel pakaian para laki-laki kan? So, buat para laki-laki harap maklum aja kalau wanita itu prepare-nya lama ya, hehe.

Apalah lagi saat travelling dan harus menginap beberapa hari, wanita bisa memikirkan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan meskipun tahu bahwa akan menginap di penginapan super lengkap sekalipun. Mikirnya aja lama, belum lagi packing-nya haha

Jadi, bagi para muslimah yang mungkin saat ini tengah berencana travelling atau bahkan sedang mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa saat travelling, kamu tepat sekali membaca artikel ini.

Jangan bingung ya, berikut 11 barang wajib yang harus dibawa sebagai cadangan saat travelling. Simak ya…


1.  Kaos Kaki
kaos-kaki-muslimah

Kaki termasuk aurat wanita yang harus dijaga, so, kita harus tetap menjaganya dengan tetap menggunakan kaos kaki. Namun tentu saja kaos kaki ini adalah satu-satunya barang yang rentan sekali kotor. Sekali saja kita berjalan tak menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sandal maka langsung saja kaos kaki kita akan kotor, kalau udah kotor pasti gak nyaman banget menggunakanya.

Belum lagi kalau kita akan berencana ke tempat-tempat yang terdapat banyak air seperti pantai, danau, air terjun dan lain sebagainya, kaos kaki sudah pasti menjadi barang wajib yang dibawa sebagai cadangan. Jadi, gak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan kaos kaki dan sengaja membuka aurat di tempat umum hanya karena alasan takut kaos kaki kotor.

Kalau aku pribadi menyiapkan cadangan kaos kaki sebanyak 2-3 pasang per harinya tergantung destinasi travelling. Kalau untuk di perjalanan dan pasti akan berada di tempat yang kering ya gak harus bawa banyak-banyak. Untuk cadangan, bawa saja kaos kaki dengan warna yang netral seperti warna hitam atau coklat yang sewarna dengan warna kulit sehingga bisa dicocokkan dengan pakaian apa saja.

2.  Manset Tangan
handsock-muslimah
sumber : chanelmuslimah.com
Nah ini juga sering kali diabaikan para muslimah, lengan juga termasuk aurat wanita dan kalau kita gak pakai manset tentu lengan akan mudah sekali terlihat saat beraktivitas. Saat travelling mungkin saja kita akan abai dengan lengan karena terlalu asik bercengkrama atau menikmati masa-masa travelling. Nah karena tangan juga rentan kotor termasuk manset tangan juga akan kotor, tentu perlu untuk membawa cadangannya, bahkan saat makan pun manset rentan kotor kan? Jadi bawa saja manset tangan cadangan yang berwarna netral dan tak mudah terlihat kotor seperti warna hitam atau coklat ya.

3.  Cadar
cadar-muslimah
sumber : bukalapak.com
Bagi muslimah bercadar tentu paham bahwa cadar juga perlu dibawa cadangannya, kita akan makan setidaknya sebanyak 3 kali sehari dan tentu cadar akan rentan kotor, jadi tetap bawa cadar cadangan yang tidak mudah terlihat kotor seperti berwarna hitam ya.

4.  Sepatu/Sandal
sandal-muslimah
sumber : behijab.com
Yaps sepatu atau sandal cadangan juga perlu, siapa tahu sepatu atau sandal kita satu-satunya yang kita bawa  rusak di tengah jalan, gak mau kan bikin repot orang lain? Udah cantik tapi kok ngerepotin? Hehe.  Juga, jangan lupa bawa sepatu atau sandal cadangan yang simpel dan berwarna netral juga.

5.  Powerbank
powerbank
sumber : inet.detik.com
Tetaplah jaga komunikasi dengan orang yang ditinggalkan saat travelling agar tak ada yang cemas terhadap kepergianmu. Dan juga mengabadikan momen saat travelling dengan handphone itu perlu kok, jadi siap sedia powerbank sebagai cadangan saat tak menemukan listrik untuk charge baterai handphone.

6.  Jilbab Segi Empat Lebar
jilbab-muslimah
sumber : id.carousell.com
Menurut aku, ini nih item yang wajib banget dibawa karena sebenarnya ini multifungsi sekali. Aku pernah memanfaatkan jilbab yang lebar (150*150 cm) menjadi beberapa kegunaan. Jadi, jika sewaktu-waktu aku lupa membawa mukenah, maka jilbab yang lebar bisa aku gunakan sebagai pengganti mukenah, bisa dipadukan dengan gamis panjang dan longgar juga kaos kaki. Tak hanya itu, kalau lagi gak menemukan sajadah untuk alas salat, jilbab yang lebar bisa dilipat dengan rapi berbentuk persegi panjang dan jadilah sajadah darurat. Dan juga kalau lupa untuk membawa selimut dan kebetulan lagi di tempat yang gak ada selimutnya, jilbab yang lebar juga bisa dijadikan selimut.  Nah loh banyak fungsi kan?

7.  Pakaian Dalam Sebanyak-Banyaknya

Ini gak perlu diingetin kayaknya ya, semua muslimah pasti tahu kalau pakaian dalam ini harus di-stok sebanyak-banyaknya. Pakaian dalam yang selalu bersih akan meminimalisir berbagai penyakit yang mungkin saja akan menyerang para wanita. Wanita yang cantik tentu tak hanya memperhatikan pakaian luarnya saja namun juga harus memperhatikan pakaian dalam agar tetap bersih.

8.  Pantyliner
pantyliner-wanita
sumber : grid.id
Pantylner jadi bawaan yang penting kalau kita bepergian dengan transportasi darat yang mana kita harus duduk berlama-lama di dalam kendaraan. Bagi wanita tentu mudah sekali terjadi keluarnya cairan dari dalam miss-v entah itu keputihan karena letih di perjalanan ataupun cairan sisa buang air kecil. Nah cairan-cairan yang keluar akan mengotori celana dalam dan repot sekali jika harus mengganti celana dalam secara terus menerus, bukan?. Jadi sebaiknya bawa pantilyner  sebagai cadangan agar lebih praktis.

9.  Kosmetik
kosmetik-wanita
sumber : idntimes.com
Selama travelling, wanita muslimah tetap harus memperhatikan kesehatan kulitnya, jangan sampai pulang dari travelling kulit yang udah kita rawat jadi berantakan. Setidaknya bawa sunblock atau sunscreen juga bawa pelembab untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan.

10.  Tissue
tissue
sumber : homedepot.com
Yaps tisu juga jadi bawaan cadangan wajib yang multifungsi. Tisu bisa digunakan untuk membersihkan apapun yang harus dibersihkan kecuali masa lalu, hehe. Namun tetap gunakan seperlunya dan jangan boros ya.

11.  Kantong Plastik/Tas
tas
sumber: erajayaprinting.com
Kantong plastik atau tas cadangan ini juga jadi bawaan wajib saat travelling khususnya saat belanja loh, apalagi saat ini di supermarket-supermarket sudah tidak lagi menyediakan kantong plastik secara gratis. Jadi, selain berhemat, kita juga bisa mendukung upaya perbaikan lingkungan hidup untuk meminimalisir sampah yang sulit terurai. Jadi, muslimah itu tetap harus cinta lingkungan ya.

Nah itulah 11 barang cadangan wajib yang harus dibawa muslimah saat travelling. Jangan pusing dan bingung ya, muslimah itu gak ribet kok selagi bisa me-manage diri dengan baik. Saat travelling jangan lupakan juga adab-adab sebagai muslimah yang harus dijaga di area umum. Mungkin untuk adab-adab muslimah selama travelling akan dibahas di artikel yang lain ya.

Kamu muslimah dan punya tambahan barang wajib yang harus dibawa saat travelling? Boleh berbagi di kolom komen yaa…


Note :
Artikel ini diikutsertakan sebagai tugas  dalam sekolahmenulis.id di Kelas 2 Angkatan 2. Semoga naik kelas :D #sekolahmenulis


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).

Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat
Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Barat : Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang me…