Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

manfaat-wudhu-bagi-kesehatan



Udah tahu wudhu kan ya? Biasanya kita akan berwudhu jika hendak melaksanakan salat, namun di balik itu ternyata berwudhu juga bisa bermanfaat bagi kesehatan loh.

Islam memang memiliki ajaran yang sangat sempurna, jika kita mendalami lagi ajaran-ajaran dalam agama islam maka akan kita temukan banyak manfaat ajaran-ajaran itu bagi kehidupan kita nah termasuk berwudhu ini.

Berikut adalah manfaat wudhu. Ulasan ini menilik dari buku karangan Muhammad Syafi’ie el-Bantanie tentang wudhu.


1.  Menstimulasi Titik-Titik Biologis Tubuh

Dr. Magomedov, peneliti pada lembaga General Hygiene and Ecology di Daghestan State Medical Academy, menjelaskan bahwa wudhu dapat menstimulasi (merangsang) irama tubuh secara alami. Stimulasi ini muncul pada seluruh tubuh. Khususnya pada arena yang disebut Biological Active Spots (titik-titik aktif biologis).

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, dr. Magomedov mengatakan bahwa titik-titik aktif biologis ini mirip dengan titik-titik Refleksologi China. Perbedaannya adalah untuk menguasai titik-titik Refleksologi China secara tuntas, paling tidak dibutuhkan waktu lima belas sampai dua puluh tahun. Sementara, melakukan wudhu dengan benar tidaklah sulit.

Kelebihan lainnya, Refleksologi hanya berfungsi mengobati. Sedangkan wudhu bukan hanya mengobatitetapi juga sangat efektif mencegah masuknya bibit penyakit. Menurut Magomedov, peneliti yang juga menguasai ilmu Refleksologi China ini, 61 dari 65 titik Refleksologi China adalah bagian tubuh yang dibasuh air wudhu. Lima lainnya terletak antara tumit dan lutut yang juga merupakan area wudhu yang disunnahkan untuk dibasuh.

Bayangkan jika kita melakukan wudhu dengan sempurna maka kita sekaligus melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit yang kemungkinan bisa masuk ke tubuh kita. Luar biasa bukan?


2.  Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Menurut penelitin, 90% orang-orang yang menderita kerusakan gigi disebabkan lalai menjaga kebersihan mulut. Karena mulut yang jarang dibersihkan itu maka bakteri yang ada di mulut akan terus berkembang sehingga menyebabkan munculnya penyakit seperti gusi bengkak atau gigi berlubang.

Dalam berwudhu, kita akan melakukan kumur-kumur terlebih dahulu, disiniah manfaat wudhu bagi kesehatan mulut kita, karena dengan kumur-kumur maka mulut bisa terjaga kebersihannya.


3.  Menjaga Kesehatan Hidung dan Mencegah Penyakit Pernapasan

Hidung berfungsi untuk bernapas, yakni menghirup udara dari luar ke dalam tubuh dan mengeluarkannya kembali, oleh karena itu hidung bisa jadi pintu masuknya kuman dan bakteri. Bulu-bulu yang terdapat di dalam hidung bisa menyebabkan kuman dan bakteri bersarang di sana.

Dalam berwudhu pun kita disunnahkan untuk menghirup air ke dalam hidung, ini sudah pasti sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan hidung kita.


4.  Menjaga Kesehatan dan Mencerahkan Wajah

Membasuh wajah adalah wajib dalam berwudhu, dan ini tentu saja menjadi hal yang sangat baik untuk wajah kita. Wajah akan senantiasa bersih, lembab dan bebas dari kotoran-kotoran selama beraktivitas. Lima kali salat dalam sehari maka lima kali pula wajah akan dibersihkan.


5.  Melancarkan Peredaran Darah

Wudhu yang dilakukan secara teratur akan mampu memperlancar peredaran darah. Hal ini karena saat permukaan kulit menyentuh air wudhu maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panasa dalam tubuh dengan suhu dingin dari air wudhu. Tubuh pun menjadi sejuk dan peredaran darah menjadi lancar.

Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim, peneliti bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London mengatakan bahwa dengan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada saraf dan otot, menormalkan detal jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur).


6.  Mencegah Kanker Kulit

Mokhtar Salem, dalam bukunya Prayers : A Sport for the Body and Soul, menjelaskan bahwa wudhu bisa mencegah penyakit kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terkena kulit.

Menurut Salem, cara paling efektif agar terhindar dari bahaya ini adalah dengan membersihkan kulit tubuh bagian luar secara rutin. Dalam hal ini berwudhu lima kali sehari merupakan cara antisipasi yang sangat efektif.


7.  Memudahkan Berkonsentrasi

Wudhu juga bisa membantu untuk membuat pikiran jadi lebih konsentrasi.  Saat berwudhu kita diwajibkan untuk mengusap kepala dengan air, hal ini tentu akan menimbulkan sensasi yang sejuk dan segar pada kepala dan pikiran kita. Secara otomatis pikiran pun menjadi tenang. Dengan pikiran yang tenang maka kita akan lebih mudah konsentrasi pada aktivitas selanjutnya.

Para ahli saraf (neurologis) telah membuktikan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari-jari tangan dan jari-jari kaki memiliki pengaruh untuk memantapkan konsentrasi pikiran.


8.  Sebagai Hydro Therapy

Menurut hasil penelitian Masaru Emoto, yang kemudian dituangkan dalam buku The True Power of Water, menerangkan bahwa air mampu memberikan respons atas perlakuan yang diterimanya. Air yang diberi perlakuan buruk (seperti diucapkan kata-kata kotor dan kasar)  maka struktur air akan berubah mejadi tidak beraturan. Sebaliknya, jika air diberikan perlakuan baik misalnya dengan kata-kata terpuji makan struktur air akan semakin terbentuk menjadi baik. Air yang memiliki struktur heksagonal ini memiliki kualitas yang tinggi. Karena itu sangat baik untuk dikonsumsi atau mandi.

Ketika berwudhu, kita berdoa telebih dahulu dengan kata-kata yang baik yakni Bismillah. Bacaan yang baik itu akan membuat struktur air menjadi semakin baik. Artinya air yang kita gunakan untuk wudhu adalah air yang baik dan tentunya akan memberikan manfaat bagi kesehatan kita.

Selain itu, ditinjau dari ilmu akupuntur, pada anggota tubuh yang  terkena air wudhu terdapat ratusan titik akupuntur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan atau pijatan ketika melakukan wudhu. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui jaringan meridian ke sel, organ dan system organ yang bersifat terapi. Hal ini terjadi karena adanya regulasi, yakni sistem saraf dan hormone bekerja untuk menciptakan homeostasis (keseimbangan) dalam tubuh.


9.  Kesehatan Psikis

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah dengar nasihat Rasulullah SAW jika kita sedang marah. Yakni jika amarah sedang bergejolak di hati kita dan kita sedang berdiri maka sebaiknya kita duduk, jika belum juga reda maka sebaiknya berbaring, jika belum juga reda maka berwudhu-lah.

Berwudhu tentu akan membuat kita lebih rileks dan lebih tenang akibat sentuhan-sentuhan air wudhu pada bagian tubuh kita, amarah yang tadinya membara bisa menjadi redup dan menghilang, pikiran pun menjadi jernih dan bisa berpikir dengan lebih baik, bisa mencari solusi terbaik atas segala permasalahan yang ada. Hal ini tentu sangat baik untuk menjaga kondisi psikologis kita agar tetap aman dan tidak terganggu, apalagi terganggu hanya karena soal urusan-urusan dunia.


Demikianlah manfaat wudhu bagi kesehatan kita. Setelah mengetahi begitu banyaknya manfaat wudhu ini tidak hanya pada fisik namun juga pada psikis kita, maka sudah sepantasnya kita bersyukur karena telah mengenal islam dan ajaran-ajarannya yang luar biasa bagi hidup kita.

Semoga kita termasuk orang-orang yang terus memegang teguh ajaran islam sampai akhir hayat. Aamiin.

Komentar

Postingan Populer