Langsung ke konten utama

Hidup sehat dengan ramuan tradisional, dari Indonesia untuk Indonesia

Sumber  gambar: lemonilo.com



Hidup sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Bahkan sampai ada yang bilang bahwa sehat adalah salah satu kunci kebahagiaan kehidupan. Betapa tidak, jika kita sehat maka kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan, sedangkan jika tidak sehat alias sakit maka semua aktivitas akan terganggu, kita tidak akan bisa melakukan aktivitas yang amat kita sukai sekalipun, terasa menyedihkan bukan?

Begitu pentingnya kesehatan hingga ada asuransi khusus yang menangani masalah ini. Memang terkadang kesehatan bisa menurun dengan tiba-tiba dan tanpa aba-aba, hari ini kita sehat-sehat saja maka belum tentu esok hari kesehatan kita akan sebaik hari ini, bisa jadi menurun dan bahkan drop sekalipun.

Tapi tahukah kamu kalau kesehatan itu dipengaruhi oleh pola hidup? Kesehatan itu bisa dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan di hari-hari sebelumnya, serta apa yang biasa kita konsumsi pada masa-masa sebelumnya. Maka bisa saya katakan bahwa kesehatanmu di masa depan adalah apa yang kamu lakukan di masa sekarang.  Begitu pentingnya pola hidup ini hingga kebanyakan cara untuk menyembuhkan suatu penyakit adalah dengan memperbaiki pola hidup, mengubahnya dari tak sehat menjadi sehat. Memang hal itu tidaklah mudah, menerapkan gaya hidup sehat perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan, namun hal ini sangat penting dilakukan jika benar-benar ingin memiliki  tubuh yang terus sehat.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko kesehatan global yang utama. Meningkatnya produksi makanan olahan, pesatnya urbanisasi dan gaya hidup tak sehat membuat kamu rentan terserang berbagai jenis gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Memulai gaya hidup sehat bisa menjauhkan kamu dari risiko-risiko kesehatan tersebut.

Berikut adalah referensi cara menerapkan pola hidup sehat yang diolah dari situs alodokter.com
  • Mengetahui kondisi kesehatan saat ini
Kamu dapat melakukan perbaikan pola hidup sehat berdasarkan apakah apakah kamu mengalami masalah kesehatan atau risiko penyakit tertentu. Oleh karenanya kamu perlu periksakan diri secara rutin.
  • Evaluasi aktivitas fisik
Apakah aktivitas fisik terbilang sehat? Kamu bisa pilih kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.
  • Catat makanan yang dikonsumsi
Jika memiliki masalah berat badan, kamu mungkin perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi sebagai pengingat untuk menambah atau mengurangi porsi makanan tertentu. Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran.

Baca Juga : Lindungi Matamu Agar Tetap Sehat dengan Insto Dry Eyes
  • Periksa kesehatan hubungan sosial
Apakah hubungan dengan pasangan, rekan kerja atau atasan berlajan harmonis? Semua ini dapat berdampak kepada kesehatan dan tentu saja tubuh kamu. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat kamu merasa nyaman, serta bahagia.
  • Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan
Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika kamu berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, depresi, artritis, atau penyakit jantung.
  • Memilih mengonsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan
Ganti kata-kata “saya harus” dengan “saya memilih” untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah secara teratur.  Mengolah makanan sendiri dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan santapan. Selain itu, kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.
  • Mengelola stress
Stress adalah hal yang tidak terhindarkan. Namun, kamu dapat belajar mengelolanya dengan merencanakan berbagai hal agar tidak ada yang terlupa, mengambil waktu untuk relaks dan melakukan hobi. Mencatat hal-hal yang patut disyukuri juga dapat membuat jiwa lebih tenang.
  • Istirahat cukup
Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Bac juga : Ramuan Kunyit untuk Atasi Nyeri Haid

Pola hidup sehat harus didasari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan.

Akhir-akhir ini banyak ditemukan penyakit-penyakit yang saya katakan luar biasa, karna penyakit-peyakit ini bisa membunuh korbannya dalam waktu singkat, penyakit-penyakit baru yang orang tua kita dahulu bahkan tak  mengenali namanya. Arus zaman semakin berkembang, pengetahuan semakin luas termasuk inovasi terhadap makanan, hal itu juga menyebabkan metode-metode pengobatan semakin “keren” termasuk pengobatan yang menggunakan kimia. Padahal sebetulnya pengobatan secara kimia tidak terlalu baik untuk kesehatan, hal ini karena obat kimia bisa menyebabkan timbulnya ketergantungan, alergi, memicu timbulnya penyakit baru dan banyak efek samping lainnya, terlebih jika digunakan dalam pemahaman dan dosis yang tidak pas.

Menurut Dr Amarullah H Siregar obat-obatan kimia lebih banyak bertujuan untuk mengobati gejala penyakitnya, tetapi tidak menyembuhkan sumbernya. Berbeda halnya dengan obat tradisional yang bekerja langsung pada sumbernya dengan memperbaiki keseluruhan sistem tubuh yakni dengan memperbaiki sel-sel, jaringan, dan organ-organ tubuh yang rusak serta dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk berperang melawan penyakit. (deherba.com)

Oleh karena itu saya merasa pengobatan tradisional masih menjadi primadona kesehatan sampai kapanpun. Begitu banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari obat tradisional diantaranya mudah didapatkan (bisa ditanam sendiri), tidak menimbulkan ketergantungan dan tentunya lebih sehat. Maka tak heran banyak yang menghindari pengobatan kimia dengan pengobatan secara tradisional karena efek samping yang diberikan sangat minim.


Diantara ramuan tradisional yang sering saya konsumsi adalah air gilingan daun pepaya dan kunyit, ramuan ini bisa memberikan banyak efek baik terhadap tubuh saya, diantaranya bisa meredakan maag, mencegah demam, serta memperbaiki nafsu makan dan tentunya bahan yang amat mudah ditemukan. Selain itu ada banyak ramuan tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk pengobatan.
Indonesia dikenal dengan berbagai jenis tanaman obat sehingga sudah sepantasnyalah obat tradisional menjadi pengobatan primadona masyarakat Indonesia. Lihatlah betapa hasil bumi Indonesia begitu istimewa hanya saja kita bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Yuk sembuhkan Indonesia dengan gaya hidup sehat melalui melalui ramuan tradisonal Indonesia. Dari Indonesia untuk Indonesia.

Eits, kesembuhan juga harus diusahakan dengan doa yaa.

Sungguh, tidaklah Allah SWT menurunkan  suatu penyakit, kecuali menurunkan obatnya. Ada yang mengetahui dan  ada yang tidak mengetahuinya. Jika obat mengenai penyakit, maka ia akan sembuh dengan seizin Allah AWT” (HR. Muslim dari Jabir)

#Sembutopia #MariSembuhkanIndonesia #GayaHidupSehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).

Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat
Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Barat : Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang me…