8 Tips Sederhana Agar Skripsi Cepat Kelar


sumber gambar : hipwee.com




Siapa sih yang nggak pengen cepat kelar kuliah. Gak pengen lah kan jadi senior paling senior di kampus dan dijulukin mahasiswa abadi?  Bukan malu sama cibiran orang lain lagi sih, tapi ya malu sama diri sendiri juga yang udah ditinggal sama teman-teman seangkatan, dan malu sama waktu yang udah diberikan oleh Allah SWT.

Apasih sebenarnya yang menyebabkan seseorang nggak kelar-kelar kuliahnya? Nah, seringkali skripsi lah yang menjadi sebab musebab itu, entah kesandung dosen yang super killer dan super perfectionis, dosen yang jarang di kampus karena sering terbang kemana-mana (bukan burung kakak tua ya, hehe), judul skripsi yang udah terlanjur diambil orang duluan (untung bukan jodoh, ‘eh), kebentur sama kesibukan jadwal di luar kampus (biasanya buat para aktivis nih), tema skripsi yang emang langka dan lain sebagainya.

Emang banyak sebab yang bisa membuat skripsi nggak kelar-kelar, terlebih karena ngerjain skripsi ini emang butuh waktu yang relatif panjang dan ngerjainnya juga butuh semangat tanpa henti. Namun sebetulnya itu semua bisa kamu hadapi dan siapkan dengan baik loh.

Nah gak memperpanjang opening, aku akan ngasih tips biar cepet menyelesaikan skripsi kamu sesuai pengalaman dan pandangan aku. Tips ini adalah tips yang sering aku kasih ketika ada teman-teman atau adik-adik tingkat yang nanya ke aku gimana caranya biar skripsi cepet kelar (karena waktu kuliah aku dikenal aktivis yang sibuk sehingga berita kelulusan adalah berita yang lumayan mengagetkan, hehe). Meskipun sih sebenarnya aku juga gak on time banget lulusnya ya yakni 4 tahun 4 bulan, namun ada beberapa hal yang menyebabkan aku harus telat (nggak ngeles ya wkwk) dan beberapa hal yang membuat aku harus lulus segera. Well, yuukk simak tips berikut ini
  1. Siapkan sedari dini
Ini merupakan cara teraman dan ternyaman yang bisa kamu lakukan, namun seringkali rasa malas menggerogoti, lumrah sih apalagi yang emang suka nge-deadline. Emang sih urusan skripsi masih lama dan mungkin kamu gak pengen pusing duluan dari temen-temen kamu, tapi urusan ini bisa kamu pikirkan dari awal misalnya setahun hingga 2 tahun sebelum kamu benar-benar harus berurusan dengan skripsi, untuk memudahkan kamu juga nantinya, toh kamu gak bisa nolak ketemu skripsi nanti kan? Setidaknya persiapan sedari dini bisa membuat konsep kamu lebih matang dibandingkan mereka yang baru-baru memikirkannya.

Kamu bisa cari contoh-contoh skripsi kakak tingkat kamu atau bahkan tanya-tanya ke mereka yang lebih senior soal apa saja judul skripsi yang cocok buat kamu ambil. Nah ketika waktunya tiba, saat teman-temanmu lagi pusing mikirin fenomena apa yang akan mereka ambil, kamu tinggal ajukan judulmu ke dosen pembimbing dengan konsep yang sudah matang. Langsung approved deh, azeekknya mantul.
  1. Jangan kasih kendor
Ini merupakan tips yang sering banget aku dengerin dari orang-orang yang lulusnya cepet, katanya ‘jangan kasih kendor’. Maksudnya, urusan skripsi emang bisa sesuka kamu, namun kamu gak boleh seenaknya menunda-nunda urusan skripsi ini, kamu harus continue meskipun  lelah dan capek, terus revisi meskipun bosen, terus temui dosennya meskipun lagi gak pengen ketemu, haha, karena sekali kamu menunda dan tergiur dengan hal lain yang lebih memesona (misalnya hobi baru atau bahkan pekerjaan baru), maka yakinlah kamu akan susah buat balik ke skripsi kamu yang membosankan itu, so, jangan kasih kendor.
  1. Deketin temen yang sama semangat
Ini penting yah, karena temanmu adalah orang dekat yang bisa men-support-mu dalam hal apapun, atau sebaliknya melemahkanmu. Percayalah selama ngurusin skripsi yang urusannya super ribet dan ngebosenin ini kamu akan butuh teman, entah itu buat nemenin kamu kemana-mana, buat bertukar informasi hingga bahkan cuma buat dengerin curhatan kamu setelah skripsi dicoret-coret dosen. Pastikan temanmu akan terus memberikanmu semangat positif dan terus memacu kamu untuk mengerjakan skripsi lebih giat, alangkah lebih baik lagi kalau kalian dalam tahap yang sama dalam ngerjain skripsi itu sehingga bisa saling menguatkan.
Pengalaman aku saat skripsi, kamu akan ngerasain punya temen-temen baru loh, entah mengapa kalian akan ngerasa senasib sehingga akan dekat dengan sendirinya, gak masalah kamu dekat dengan teman barumu itu selagi bisa bantuin kamu dalam hal skripsimu, karena tujuanmu kali ini adalah skripsimu bisa kelar kan?
  1. Deketin dosen pembimbing
Catet ya, ini bukan ‘cari muka’ tapi hanya soal hubungan timbal balik antar sesama makhluk sosial. Logikanya kalau kamu baik dan ramah sama seseorang, kan gak mungkin seseorang itu akan bersikap sebaliknya sama kamu, pastinya seseorang itu juga akan ramah sama kamu. Nah begitu jugalah pembimbingmu, beliau memang dosen yang ditugaskan membimbingmu tapi alangkan lebih baik jika kamu membangun kedekatan yang harmonis dengan beliau, misalnya selalu nangkring di depan ruangannya sehingga ketika dia butuh apa-apa dia akan meminta bantuanmu.

Pengalaman aku nih, terkadang ada kalanya sang dosen butuh mahasiswa untuk bantuin proyek-proyek atau tugas-tugas mereka dan mereka akan meminta bantuan pada mahasiswa yang mereka kenal termasuk mahasiswa bimbingan skripsinya, nah ketika sang dosen meminta bantuanmu maka itu adalah bola emas yang harus kamu kejar, jangan males, ketahuilah itu akan mencari jalan mulus untuk kamu dekat dengan dosen tersebut, bantulah dengan ikhlas dan insyaAllah sang dosen juga akan membantumu. Konsepnya, permudahlah urusan orang lain maka Allah SWT sendiri yang akan mempermudah urusanmu.
  1. Kuasai skripsimu
Penting kamu ketahui bahwa skripsi yang mulus adalah skripsi yang benar-benar dikuasai oleh pembuatnya, seringkali lamanya skripsi disebabkan lamanya revisi karena si pembuat skripsi tidak paham dengan skripsinya. Jangan sekali-kali jadi plagiator, belajarlah dengan maksimal dan kuasailah skripsimu karena sudah seharusnya kamu bertanggungjawab terhadap apa yang kamu buat. Sesuaikan saja skripsi dengan pemahamanmu selama ini dan jangan memaksakan apa yang sulit kamu kuasai, meskipun skripsimu terlihat mudah, tak masalah karena yang penting adalah bukan seberapa fenomenalnya judul skripsimu tetapi seberapa paham kamu dengan apa yang kamu buat sehingga memudahkanmu dalam proses hingga akhir.
  1. Fokus
Fokus di sini artinya kamu tidak memprioritaskan hal lain selain skripsimu, karena skripsi memang butuh perjuangan, nggak bisa diduakan apalagi ditigakan (heleh, jangan baper). Banyak loh mereka yang tidak bisa mengatasi kekecewaan dan kebosanan pada skripsinya sehingga mereka terfokus pada hal lain yang tidak penting dan hal itu mengganggu konsentrasi pada skripsinya. Buat kamu yang punya hobi menyita waktu, kurangilah hobimu, kamu para aktivis yang banyak agenda rapat, berikan amanah itu pada orang lain yang bisa mengatasinya, buat kamu yang kerja, berusahalah kurangi jam kerjamu jika itu memungkinkan.

Kamu harus kembali pada tujuan awalmu untuk menyelesaikan skripsi. Alangkan lebih baik kamu punya alasan paling mendasar yang bisa menyadarkanu bahwa kamu harus menyelesaikan skripsimu segera mungkin, misalnya teringat perjuangan orang tua, ada do’i yang harus dilamar segera (cie cie) dan lain sebagainya.
  1. Refreshing sejenak
Jangan stres, refreshinglah sejenak, tapi hanya sejenak ya dan tentunya tidak melalaikanmu, setelahnya kamu bisa kembali mengingat skripsimu, alangkan lebih baik jika refreshing-mu sekaligus memperdalam kekuatanmu dalam menyelesaikan skripsi sehingga kamu bisa kembali bertarung dengan pikiran yang sudah segar.
  1. Berdoalah
Hal paling penting yang harus kamu lakukan selama menjalankan skripsimu adalah dengan berdoa karena percayalah kekuatan doa adalah kekuatan yang maha dahsyat serta mengalahkan segala ketidakmungkinan juga segala kesusahan yang kamu dapatkan. Perbanyak amalan salih dan perbanyak amalan sunnah, dengan diiringi doa, insyaAllah segala urusan skripsimu akan mudah dengan sendirinya. Jangan lupakan minta doa siapapun, orang tuamu, keluargamu dan teman-temanmu, siapa tau lewat doa-doa merekalah yang akhirnya memudahkan urusan skripsi kamu.
Nah sekianlah tips penting yang bisa kamu terapkan untuk mempermudah skripsimu. Semangat garap skripsinya ya.

Komentar

Posting Komentar

POPULAR POST