Langsung ke konten utama

Lindungi Matamu Agar Tetap Sehat dengan Insto Dry Eyes



cara-mengatasi-mata-kering

Sebagai seorang wanita yang bekerja pada bagian administrasi, layar komputer merupakan hal yang wajib kulihat setiap hari. Semua urusan administrasi yang kukerjakan memang tak pernah lepas dari urusan ketik-mengetik dengan komputer.

Oleh karena tuntutan pekerjaan yang seperti itu, tentu menjadi beban yang berat untuk mataku. Dalam sehari saja mata bisa melihat komputer berjam-jam, namun jika pekerjaan sedang banyak-banyaknya bisa jadi lebih lama lagi, dan beban pada mata tentu jadi lebih berat lagi.

Tidak hanya itu, selain melihat komputer di kantor, aku juga menggunakan laptop di rumah dan bahkan lebih sering lagi melihat layar henpon android.

Melihat komputer, laptop atau henpon secara terus menerus bisa menyebabkan mata lelah dan muncullah rasa sepet, pegel atau perih pada mata, semua itu merupakan gejala mata kering. Kondisi ini terjadi karena selama beraktivitas terlalu lama membuka mata dan sangat jarang berkedip sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Memang, jika aku sudah fokus pada layar monitor, mata aktivitas mengedipkan mata jadi seperti terlupakan. Biasanya jika mata sudah merasakan gejala-gejala mata kering, kita secara refleks akan mengucek mata yang sebenarnya tidak membuat mata menjadi lebih baik namun justru menyebabkan mata memerah, bahkan menyebabkan gejala mata kering yang dialami menjadi lebih parah.

Menurut Affandi dalam Koesyanto (2006), penggunaan komputer dalam waktu lama berisiko terkena mata lelah atau astenopia. Astenopia adalah keluhan subyektif penghlihatan berupa gejala yang diakibatkan oleh upaya berlebih dari sistem penglihatan yang berada dalam kondisi yang kurang sempurna untuk memperoleh ketajaman penglihatan, terasa buram, ganda, kemampuan melihat warna menurun, dan diikuti gejala sakit kepala, bahu, punggung dan pinggang vertigo serta kembung.

Tak hanya membuat mata menjadi lelah, terlalu lama melihat layar komputer, laptop atau henpon bisa menyebabkan munculnya gejala mata kering yakni  mata sepet, mata pegel atau mata perih seperti yang dijelaskan sebelumnya, padahal sebetulnya gejala mata kering juga sangat berbahaya.

Mata kering adalah kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata. Gejala mata kering dapat semakin parah saat seseorang bekerja dengan melihat layar komputer selama ber-jam-jam, terlalu lama berada di lingkungan yang udaranya kering, membaca buku dalam waktu lama, mengendarai kendaraaan bermotor tanpa helm dan lain-lain. Kondisi mata kering bisa menyebabkan peradangan pada permukaan mata, sehingga menimbulkan jaringan parut pada kornea atau terjadi infeksi bakteri. Ngeri juga yaa…

Mengingat tidak baiknya kondisi mata kering serta kondisi pekerjaan saya yang menuntut mata bekerja lebih keras maka saya harus punya solusi untuk mengatasinya agar mata tetap sehat meskipun sedang bekerja di depan layar komputer, laptop ataupun henpon dalam waktu yang lama.
Berikut adalah beberapa hal yang sudah saya coba terapkan, semoga bisa kamu lakukan juga agar mata tetap sehat dan mengatasi gejala mata kering.
cara-mengatasi-mata-kering

1.    Atur pencahayaan
Pastikan cahaya ruangan baik untuk kegiatan penggunaan komputer dan laptop serta henpon sekalipun. Karena cahaya yang gelap akan memberikan beban lebih besar pada mata. Solusinya bisa pindahkan meja kerja dekat dengan jendela atau menggunakan lampu dengan kemampuan penerangan yang tinggi.

2.    Pengaturan jam kerja
Tetaplah mengatur kapan harus tetap menatap monitor serta kapan harus lepas darinya. Jangan biarkan mata terus terusan menatap layar tanpa berkedip, pastikan mata cukup sering mengedip untuk melindungi mata dari kekeringan.

3.    Gunakan Insto Dry Eyes
Ini adalah hal yang paling penting. Saat kedua solusi di atas tak mampu dilakukan, sediakan dan gunakan Insto Dry Eyes sebagai solusi jitu saat gejala mata kering sudah dirasakan. Insto Dry Eyes digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mampu mengatasi gejala kekeringan pada mata, juga meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Sensasinya yang segar dan tidak perih membuat Insto Dry Eyes sangat cocok untuk digunakan pada mata, teksturnya yang seperti air mata membuatnya sangat mudah diterima oleh mata. Sesaat setelah diteteskan, dalam waktu sekejap mata sudah kembali segar dan siap melakukan aktivitas. Kuakui ini merupakan obat pertolongan untuk mata terbaik yang pernah aku punya. Alhamdulillah. Akhirnya, bye mata kering…

Sekian tiga hal yang bisa kamu lakukan juga agar mata lebih sehat dan terhindar dari gejala mata kering. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

  1. wah kita samaan ,sy juga pakai insto agar mata tidak kering.

    BalasHapus
  2. Wah, terima kasih saran nya, ntar bakal dicoba. 😁

    BalasHapus
  3. wah, aku adalah pengguna setia Insto nih. sekeluarga pake dan ampuh banget untuk membantu menjernihkan mata kita :D

    BalasHapus
  4. Sama dong, saya juga admin di sebuah hotel, tiap saat ngeliatin layar komputer. Belum lagi kalo di rumah ngeblog lewat laptop dan social media lewat hape. Semuanya selalu berhubungan sama gadget, makanya pernah kena sindrom mata kering. Kuylah mampir cerita saya di blogmashendra. Makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Book Review : Cinta Yang Tak Biasa (Natta Reza dan Wardah Maulina)

Sinopsis : Untuk sesuatu yang sangat kita cintai, seringkali kita rela merasakan cobaan terberat dalam hidup.
Dari susah hingga senang, jatuh untuk bangun, termasuk harus kehilangan banyak hal demi sebuah pertemuan yang berharga. Semua itu mesti dilalui untuk satu hal yang diyakini akan mengubah hidup kita : rasa cinta dari Tuhan.
Natta percaya,, dengan mengalahkan rasa cintanya kepada manusia maka suatu saat ia akan mendapat cinta yang lebih besar dari-Nya. Begitupun dengan Wardah, yang meyakini kalau Sang Pemilik Cinta telah menyiapkan seseorang yang akan mencintainya dengan tulus dan atas rida-Nya. Lalu, bagaimana Tuhan menyiapkan skenario untuk keduanya? Bukalah buku ini dan ikuti setiap kisah tentang cinta yang tak biasa dalam lembarnya.
Identitas Buku : Judul : Cinta yang Tak Biasa Penerbit: TransMedia Pustaka Penulis : Natta Reza dan Wardah Maulina Jenis Buku: Agama/Memoar Tebal Buku: 228 halaman
Natta Reza dan Wardah Maulina merupakan pasangan yang beberapa waktu belakangan ini …

Unboxing + Review Vienta Food Processor Flexie

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan produk ini ya, apalagi kalangan emak-emak yang emang suka masak berbagai macam masakan, yang tentunya juga sudah lihai menggunakan berbagai macam alat masak.
Kalau untukku, terus terang saja produk ini masih asing bagiku karena aku tidak terlalu paham dengan dunia masak-memasak. Awalnya temanku mengajak untuk mengikuti arisan produk ini, jika dilihat di toko online, harga produk ini berkisar antara 2-2,5 juta. Alhasil karena terlihat olehku adanya tulisan 11 in 1 di kotak dan banyak item di dalamnya, tentu semakin menarik dan bikin penasaran dong bagiku yang awam ini. Produk ini katanya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak, bahkan yang skala industri rumah tangga sekalipun, waahh bisa berdagang makanan nih (dalam hati), meskipun gak niat-niat amat sih.
Nah setelah aku menerima produknya, awalnya cukup kaget dengan ukuran produk. Kebetulan produk enggak dikirimin langsung ke rumah, jadinya aku jemput deh. Kupikir ini produk…

Istilah-istilah dalam Dunia Non Fiksi

Walau non fiksi tidak serumit membuat naskah fiksi, tetap segala aturan ketika menulis harus ditaati. PR besar ketika membuat naskah fiksi adalah bagaimana cerita yang dibuat bisa menarik, berbeda, dan bisa menyentuh hati pembaca. Dan PR besar ketika membuat naskah non fiksi adalah bagaimana naskah yang dibuat bisa memberikan manfaat, ilmu, dan motivasi dengan tulisan juga fakta yang disajikan. Sebelum memulai membuat naskah non fiksi, mari kenali lebih dalam beberapa istilah dalam dunia non fiksi.
1.Glosarium, ini adalahkumpulan daftar kata atau istilah penting yang disusun secaraalfabet dan dilengkapi dengan definisi atau penjelasan dalam bidang pengetahuan tertentu. Glosarium dapat dikatakan sebagai kamus singkat yang berkaitan dengan karya tulis tersebut. Glosarium biasanya selalu ada dibagian akhir buku. Ketika menuliskan suatu “istilah” dalam karya, kita bisa melakukan dua cara, pertama jelaskan istilah tersebut setelah istilah itu ditulis. Kedua, biarkan istilah itu ada di dalam…