Langsung ke konten utama

Lindungi Matamu Agar Tetap Sehat dengan Insto Dry Eyes



cara-mengatasi-mata-kering

Sebagai seorang wanita yang bekerja pada bagian administrasi, layar komputer merupakan hal yang wajib kulihat setiap hari. Semua urusan administrasi yang kukerjakan memang tak pernah lepas dari urusan ketik-mengetik dengan komputer.

Oleh karena tuntutan pekerjaan yang seperti itu, tentu menjadi beban yang berat untuk mataku. Dalam sehari saja mata bisa melihat komputer berjam-jam, namun jika pekerjaan sedang banyak-banyaknya bisa jadi lebih lama lagi, dan beban pada mata tentu jadi lebih berat lagi.

Tidak hanya itu, selain melihat komputer di kantor, aku juga menggunakan laptop di rumah dan bahkan lebih sering lagi melihat layar henpon android.

Melihat komputer, laptop atau henpon secara terus menerus bisa menyebabkan mata lelah dan muncullah rasa sepet, pegel atau perih pada mata, semua itu merupakan gejala mata kering. Kondisi ini terjadi karena selama beraktivitas terlalu lama membuka mata dan sangat jarang berkedip sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Memang, jika aku sudah fokus pada layar monitor, mata aktivitas mengedipkan mata jadi seperti terlupakan. Biasanya jika mata sudah merasakan gejala-gejala mata kering, kita secara refleks akan mengucek mata yang sebenarnya tidak membuat mata menjadi lebih baik namun justru menyebabkan mata memerah, bahkan menyebabkan gejala mata kering yang dialami menjadi lebih parah.

Menurut Affandi dalam Koesyanto (2006), penggunaan komputer dalam waktu lama berisiko terkena mata lelah atau astenopia. Astenopia adalah keluhan subyektif penghlihatan berupa gejala yang diakibatkan oleh upaya berlebih dari sistem penglihatan yang berada dalam kondisi yang kurang sempurna untuk memperoleh ketajaman penglihatan, terasa buram, ganda, kemampuan melihat warna menurun, dan diikuti gejala sakit kepala, bahu, punggung dan pinggang vertigo serta kembung.

Tak hanya membuat mata menjadi lelah, terlalu lama melihat layar komputer, laptop atau henpon bisa menyebabkan munculnya gejala mata kering yakni  mata sepet, mata pegel atau mata perih seperti yang dijelaskan sebelumnya, padahal sebetulnya gejala mata kering juga sangat berbahaya.

Mata kering adalah kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata. Gejala mata kering dapat semakin parah saat seseorang bekerja dengan melihat layar komputer selama ber-jam-jam, terlalu lama berada di lingkungan yang udaranya kering, membaca buku dalam waktu lama, mengendarai kendaraaan bermotor tanpa helm dan lain-lain. Kondisi mata kering bisa menyebabkan peradangan pada permukaan mata, sehingga menimbulkan jaringan parut pada kornea atau terjadi infeksi bakteri. Ngeri juga yaa…

Mengingat tidak baiknya kondisi mata kering serta kondisi pekerjaan saya yang menuntut mata bekerja lebih keras maka saya harus punya solusi untuk mengatasinya agar mata tetap sehat meskipun sedang bekerja di depan layar komputer, laptop ataupun henpon dalam waktu yang lama.
Berikut adalah beberapa hal yang sudah saya coba terapkan, semoga bisa kamu lakukan juga agar mata tetap sehat dan mengatasi gejala mata kering.
cara-mengatasi-mata-kering

1.    Atur pencahayaan
Pastikan cahaya ruangan baik untuk kegiatan penggunaan komputer dan laptop serta henpon sekalipun. Karena cahaya yang gelap akan memberikan beban lebih besar pada mata. Solusinya bisa pindahkan meja kerja dekat dengan jendela atau menggunakan lampu dengan kemampuan penerangan yang tinggi.

2.    Pengaturan jam kerja
Tetaplah mengatur kapan harus tetap menatap monitor serta kapan harus lepas darinya. Jangan biarkan mata terus terusan menatap layar tanpa berkedip, pastikan mata cukup sering mengedip untuk melindungi mata dari kekeringan.

3.    Gunakan Insto Dry Eyes
Ini adalah hal yang paling penting. Saat kedua solusi di atas tak mampu dilakukan, sediakan dan gunakan Insto Dry Eyes sebagai solusi jitu saat gejala mata kering sudah dirasakan. Insto Dry Eyes digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mampu mengatasi gejala kekeringan pada mata, juga meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Sensasinya yang segar dan tidak perih membuat Insto Dry Eyes sangat cocok untuk digunakan pada mata, teksturnya yang seperti air mata membuatnya sangat mudah diterima oleh mata. Sesaat setelah diteteskan, dalam waktu sekejap mata sudah kembali segar dan siap melakukan aktivitas. Kuakui ini merupakan obat pertolongan untuk mata terbaik yang pernah aku punya. Alhamdulillah. Akhirnya, bye mata kering…

Sekian tiga hal yang bisa kamu lakukan juga agar mata lebih sehat dan terhindar dari gejala mata kering. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

  1. wah kita samaan ,sy juga pakai insto agar mata tidak kering.

    BalasHapus
  2. Wah, terima kasih saran nya, ntar bakal dicoba. 😁

    BalasHapus
  3. wah, aku adalah pengguna setia Insto nih. sekeluarga pake dan ampuh banget untuk membantu menjernihkan mata kita :D

    BalasHapus
  4. Sama dong, saya juga admin di sebuah hotel, tiap saat ngeliatin layar komputer. Belum lagi kalo di rumah ngeblog lewat laptop dan social media lewat hape. Semuanya selalu berhubungan sama gadget, makanya pernah kena sindrom mata kering. Kuylah mampir cerita saya di blogmashendra. Makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).

Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat
Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Barat : Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang me…