Langsung ke konten utama

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

wisata-bungo

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).


Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat

Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi

Barat : Kabupaten Kerinci,  Provinsi Jambi

Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang menjadi salah satu transportasi masyarakat.


Nah jika kamu sedang berkunjung ke Kabupaten Bungo,  tidak salahnya mencoba berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bungo.

Mari kita mulai dengan destinasi yang terdekat dari Kota Bungo, hingga ke destinasi yang memerlukan waktu tempuh agak lama.


1.      Taman Tampoenek
wisata-bungo
Taman Tampoenek (Dokumentasi Pribadi)

Terletak persis di depan Kantor Bupati Bungo, taman ini tentu sangat mudah diakses. Taman ini menghadirkan Suasana yang nyaman namun alangkah baiknya kamu mengunjunginya saat hari sedang tidak panas misalnya di sore hari, karena taman ini tidak memiliki tempat berteduh yang banyak. 
wisata-bungo
Taman Tampoenek (Dokumentasi Pribadi)

Taman ini tergolong masih sangat baru sehingga tanaman-tanaman yang ada juga masih dalam pertumbuhan. Taman ini cocok dikunjungi jika kamu memiliki waktu yang singkat karena memang tak butuh waktu lama untuk mengelilingi taman ini.


2.      Taman Pusparagam
wisata-bungo
Taman Pusparagam (Dokumentasi Pribadi)

Terletak di tengah kota bungo tepatnya di pasar bawah, taman ini juga sangat mudah diakses, jik kamu kebetulan sedang berjalan-jalan di tengah kota bungo, kemungkinan besar kamu melewati taman ini.
wisata-bungo
Taman Pusparagam (Dokumentasi Pribadi)

Taman ini sangat ramai karena banyak yang berjual beli di sekitarnya, taman ini memiliki panggung dan selalu menjadi spot saat ada agenda-agenda yang diselenggaran oleh pemerintah kabupaten bungo. Taman ini juga menyediakan fasilitas panjat tebing loh.


3.      Taman Angso Duo
wisata-bungo
Taman Angso Duo (Dokumentasi Pribadi)

Taman ini juga terletak di tengah-tengah kota bungo persisnya antara pasar atas dan pasar bawah. Lokasinya cukup sempit namun pemandangan di dalamnya cantik-cantik kok.


wisata-bungo
Taman Angso Duo (Dokumentasi Pribadi)


4.      Taman Hijau
wisata-bungo
Taman Hijau (tempat.me)

Sesuai namanya, taman ini sangat khas dengan banyaknya pohon-pohon yang berdiri di taman ini, untuk kategori di tengah kota, taman ini lumayan nyaman disinggahi untuk bersantai sejenak, namun jangan heran, taman ini memang sedikit kurang terawat.


5.      Mora Garden


wisata-bungo
Mora Garden (Dokumentasi Pribadi)

Taman ini juga masih dalam lingkup kota bungo, meski tak terlalu luas namun desain taman yang berbukit-bukit jadi ciri khas taman ini, kamu pun bisa menikmati seluruh seluk beluk taman ini dalam waktu singkat.
wisata-bungo
Mora Garden (Dokumentasi Pribadi)


6.      Kampoeng Relawan
wisata-bungo
Kampoeng Relawan (Dokumentasi Pribadi)

Didirikan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Bungo, taman ini tak terlalu luas tapi banyak spot foto loh di dalamnya. Keadaan tanah berbukit membuat wisata ini terlihat ekstrem.


7.      Taman Babusek Aek – Tanjung Menanti
wisata-bungo
Taman Babusek Aek (Dokumentasi Pribadi)

Taman ini memiliki keunikan tersendiri karena letaknya tak jauh dari jembatan Tanjung Menanti, taman ini cukup lapang dengan udara yang sejuk meskipun kamu mengunjunginnya saat panas terik. Taman ini pun jadi yang pertama menyediakan penyewaan alat olahraga memanah.


wisata-bungo
Taman Babusek Aek (Dokumentasi Pribadi)



8.      Taman Talang Pantai
Taman Talang Pantai (Dokumentasi Pribadi)
Taman Talang Pantai (Dokumentasi Pribadi)

Masih tak jauh dari pusat kota bungo,  taman ini dibangun di pinggir sungai Batang Bungo, banyak jenis bunga dan tanaman lain yang bisa dijumpai di sini.


Nah kini mari kita mulai ke lokasi yang lebih jauh lagi, namun jangan salah, pemandangan yang dihadirkan sebanding dengan waktu yang sudah dialokasikan. Yuk simak



9.      Puncak Bukit Telago
Puncak Bukit Telago (Instagram.com/putridriva91)

Perjalanan sekitar 1 jam, wisata ini terletak di Kecamatan Pelepat, dan memiliki view yang sangat cantik ya



10.  Alam Kmang
Alam Kmang (Dokumentasi Pribadi)

Terletak di Kecamatan Bathin III, wisata ini menawarkan view yang unik tanpa mengubah potensi asli yang dimiliki tempat ini, danau dan rawa tetap dibiarkan asli, sangat tepat untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran.


11.  Wisata Alam Sungai Arang (WASA)
Wisata Alam Sungai Arang (Dokumentasi Pribadi)

Masih dengan potensi air, wisata alam ini lebih cocok dinikmati di pagi atau sore hari.


12.  Semagi Water Park
Semagi Water Park (tempat.me)

Suka dengan wisata buatan? Semagi Water Park cocok untuk yang suka bermain air


13.  Dam Semagi

Dam Semagi (Pinterest.com)
Juga dengan potensi air dan lokasi yang tidak jauh dari kota, wisata ini memang sudah tidak se-booming dulu, sayangnya tempat wisata ini tidak terlalu terawat jadi saya tidak terlalu merekomendasikan wisata ini ya.  tapi bagi kamu yang penasaran silahkan



14.  Katir
Katir (Dokumentasi Pribadi)


Butuh waktu lebih kurang 45 menit dari pusat kota bungo, spot-spot foto yang menarik dan instagramable bisa kamu jumpai di sini.


15.  Lubuk Beringin – Luber
Lubuk Beringin (Zikri Ardian)


Wisata ini selalu menjadi tujuan wisata keluarga karena  lokasinya yang luas dan cukup aman untuk bermain dengan air. Terdapat juga  wisata di puncak bukit yang bisa kamu nikmati sekalian.


Puncak Luber (Dokumentasi Pribadi)



16.  Air Terjun Renah Sungai Besar
Air Terjun Renah Sungai Besar (Instagram.com/iwan_majid)

Niat banget untuk berwisata ekstrem? Coba ke air terjun yang terdapat di kabupaten bungo, kali ini terletak di Limbur Lubuk Mengkuang, waktu tempuh  pastinya lebih dari 2 jam ya.



17. Air Terjun Sungai Ipuh
Air Terjun Sungai Ipuh (Instagram.com/ridhokn14)

Masih di daerah Limbur Lubuk Mengkuang, air terjun ini juga bisa kamu sambangi.



18.  Air Terjun Telago Jando
Air Terjun Telago Jando (tempat.me)

Air Terjun Telago Jando yang berada di Kampung Sangi, Sungai Letung, Desa Buat, Kecamatan Batin III Ulu. Air Terjun Telago Jando merupakan air terjun unik dengan tujuh tingkatan dengan keindahan serta daya tarik tersendiri. Terlindungi hutan belantara, sehingga air terjun ini sangat terjaga kelestariannya.


19.  Air Terjun Tegan Kiri
Air Terjun Tegan Kiri (Sportourism.id)

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini  terletak di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, 




20.  Air Terjun Ceracai
wisata-bungo
Air Terjun Ceracau (Instagram.com/explorebungo)

Air terjun ini berlokasi di Desa Telentam Kec. Tanah Sepenggal, lumayan unik ya.


Sekian 20 tempat wisata kabupaten bungo yang bisa kamu kunjungi. Memang masih banyak lokasi wisata yang belum masuk dalam tulisan ini sebab akses untuk menuju ke lokasi termasuk sulit terutama lokasi wisata air terjun, sehingga penulis coba menuliskan yang termudah untuk dikunjungi saja.

Jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT selagi masih bisa menikmati nikmat berwisata yang kamu rasakan. InsyaAllah thread ini akan diupdate sesuai dengan kondisi terkini tempat wisata. Buat kamu yang butuh arahan ke lokasi wisata atau punya saran untuk penulis bisa tulis di komen atau bisa hubungi penulis lewat instagram @viarinzeani

Selamat berwisata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…