Langsung ke konten utama

Jangkat, Sekelebat Bayangan Surga


Apa yang kamu bayangkan tentang surga ? tentu saja sebuah tempat yang begitu indah,  hingga tiada susunan huruf-huruf yang mampu menggambarkan keindahannya. Namun surga yang sesungguhnya masih akan tetap abadi dalam bayang-bayang dan cerita-cerita manusia, selama dunia ini masih berputar dan selama manusia masih mengalami lahir dan mati sesuai kodratnya.
Namun mari saya ceritakan sebuah tempat yang begitu indah, merupakan tempat wisata yang letaknya di Provinsi Jambi, bagi kamu yang tak mengetahui tepatnya posisi provinsi ini dalam peta Negara kesatuan Republik Indonesia ---karena saya sering bertemu teman-teman di luar provinsi yang tidak mengetahuinya--- (dalam hati agak miris), cukup fokuskan mata pada daratan berbentuk lonjong yang disebut Pulau Sumatera, provinsi ini terletak di bagian tengah pulau persisnya di pesisir timur.

Jangkat merupakan sebuah kecamatan yang termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Kecamatan ini saya katakan istimewa, mengapa? Karena luas wilayah Kecamatan Jangkat adalah 967,23 km2 atau 12,60 persen dari luas Kabupaten Merangin yang mana membuat kecamatan ini menjadi kecamatan dengan wilayah terluas di Kabupaten Merangin. Selain itu Kecamatan Jangkat merupakan daerah perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 1.209 km di atas permukaan laut sehingga kecamatan ini menjadi kecamatan dengan letak paling tinggi di Kabupaten Merangin (Statistik Daerah Kecamatan Jangkat, 2017). Bagaimana? istimewa bukan?
Akan tetapi, sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui lokasi daerah ini karena memang letaknya yang cukup jauh dari Kota Bangko (Ibukota Kabupaten Merangin). Namun jangan khawatir, kamu akan dapat melepaskan penat perjalanan yang panjang hanya dengan melihat pemandangan di daerah ini sebab kecamatan ini memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk menambah list lokasi liburan kamu.
Jadi, bagaimana caranya bisa pergi dan menikmati daerah wisata Kecamatan Jangkat? Mari simak ulasan berikut ini ya.
1.Rute Perjalanan
Bagi kamu yang berasal dari luar provinsi, kamu bisa menggunakan pesawat udara  terlebih dahulu untuk mencapai Provinsi Jambi, ada 2 rute yang bisa kamu tempuh.
  • Rute pertama : Jambi – Bangko - Jangkat
1 all.production
*Bandar Udara Sultan Thaha (Sumber : Instagram all.production)

Meski bukan provinsi yang besar, Jambi memiliki sebuah bandar udara yang bernama Sultan Thaha. Setelah sampai di Bandara, tahap  selanjutnya kamu bisa menyewa mobil  untuk menempuh jalur darat hingga ke Bangko (Ibukota Kabupaten Merangin) dengan jarak tempuh sekitar 3-4 jam. Setelahnya kamu bisa menyewa mobil lagi dari Bangko menuju Jangkat dengan jarak tempuh sekitar 4 jam. Atau jika kamu bisa mengemudikan mobil sendiri, tidak salahnya merental mobil dan kamu bisa leluasa menikmati perjalanan hingga langsung ke daerah Jangkat.
  • Rute kedua : Muara Bungo - Bangko – Jangkat
2. instabungotebo
*Bandar Udara Muara Bungo (Sumber : Instagram instabungotebo)

Jika kamu yang tidak ingin singgah dahulu di Ibukota Provinsi Jambi, khususnya buat kamu yang datang dari Jakarta, kamu bisa gunakan pesawat udara dan singgah di Kabupaten Bungo yakni Bandar Udara Muara Bungo, perjalanan dari Bungo menuju Bangko hanya sekitar 1 – 2 jam jalur darat, kemudian kamu bisa lanjutkan perjalanan dari Bangko menuju Jangkat. Hanya saja karena Bandara Muara Bungo belum memiliki jadwal penerbangan yang banyak, kamu perlu mengecek jadwal keberangkatannya. Cukup mudah bukan?
Jika dilihat dari durasi perjalanan (Khusunya perjalanan Bangko-Jangkat), kamu juga bisa menggunakan motor atau roda dua yah, karna perjalanan dengan motor akan lebih asik, kamu bisa menikmati pemandangan selama perjalanan dengan lebih leluasa, dan tentunya lebih hemat bukan?
2. Pemandangan Perjalanan
3
*Pemandangan Perjalanan di Daerah Jangkat (Sumber : Dokumentasi pribadi)

Selama perjalanan dari Bangko kamu akan melewati hutan dengan jalan yang berkelok. Namun jangan khawatir, jika wilayah Kecamatan Jangkat sudah dekat, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, gunung-gunung akan terlihat dengan  mata telanjang serta pertanian masyarakat desa seperti kentang, kulit manis, kopi, padi dan lain lain akan menyambutmu dengan keindahannya.
4
*Pemandangan Tepi Jalan Desa Muara Madras (Sumber : Dokumentasi Pribadi)
3. Gunung Masurai
5 lutfinur11
*Pendakian Gunung Masurai (Sumber : Instagram lutfinur11)

Wisata yang cukup membutuhkan keberanian adalah Gunung Masurai, gunung ini kabarnya juga banyak yang mendaki loh, meskipun ketinggiannya tidak terlalu ekstrem yakni hanya setinggi 2933 km kamu akan bisa menikmati daerah Jangkat dengan mendaki gunung ini. berminat untuk mendaki gunung?
4. Danau Pauh
6
*Danau Pauh (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Danau Pauh adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Masurai, untuk mencapainya tak perlu bersusah payah karna letaknya yang cukup dekat dengan jalan utama yakni sekitar setengah kilo meter. Danau ini terletak pada ketinggian 1200 mdpl, dengan kedalaman lebih kurang 20 meter serta luas lebih kurang 30 hektar.
7
*Pemandangan di tepi Danau Pauh (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Kabar baiknya, dalam waktu-waktu tertentu (seperti libur lebaran dll) kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau ini, waah puas banget kan ya.

8 amoykwok
*Perahu di atas Danau Pauh (Sumber : Instagram amoykwok)
5. Taman Hesti’s Garden
9
*Pemandangan taman Hesti's Garden (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Kamu suka bunga? Taman ini cocok buat kamu deh. Taman ini diprakarsai oleh istri Bupati Kabupaten Merangin yang memang bernama Hesti, beliau merupakan wanita asli Kecamatan Jangkat. Dibuat pada awal tahun 2016, kebun seluas 1 hektar yang berlokasi di Desa Muara Madras dengan bunga berbagai jenis (setidaknya 25 jenis bunga) ini terlihat begitu cantik dan cukup memanjakan mata. Sangat lumayan sebagai baground foto selfie kamu, tertarik bukan?
10
*Pemandangan Taman Bunga Hesti's Garden (Sumber : Dokumentasi Pribadi)
6. Air Terjun Rantau Suli
11
*Pemandangan Air Terjun Rantau Suli (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Bergerak menuju arah Jangkat Timur, kamu akan menemukan Sebuah air terjun yang cukup cantik, lumayan untuk menghilangkan penat dan menenangkan pikiran. Tak hanya bisa menikmatinya dari lokasi jatuhnya air, kamu juga bisa melihat pemandangan air terjun ini dari atas. Lihat deh, cantik kan?
13
*Pemandangan Air Terjun Rantau Suli (Sumber : Dokumentasi Pribadi)
7. Air Terjun Sigerincing
14 _dewi18
*Air Terjun Sigerincing (Sumber : Instagram _dewi18)

Terletak di Dusun Tuo, air terjun setinggi 62 meter ini merupakan air yang berasal dari Sungai Siau yang ber-hulu dari Gunung Masurai. Dilihat aja udah seger, apalagi dirasain ya.
8. Pemandangan bukit
Selain beberapa spot di atas, ada beberapa spot bukit yang memiliki view yang indah, masyarakat di Kecamatan Jangkat menggunakan bukit ini sebagai tempat berkumpul kala adanya perayaan seperti tahun baru dan lain lain. Namun kebanyakan bukit ini hanya dapat kamu saksikan dari pinggir jalan saja. Berikut adalah pemandangan dari salah satu bukit dalam perjalanan menuju Hesti’s Garden yang bisa kamu saksikan, yakni pemandangan rumah-rumah bergaya seni kuno nan memanjakan mata.
15 merangin_jangkat
*Pemandangan salah satu bukit di Jangkat (Sumber : Instagram merangin_jangkat)
9. Mainan Tradisional
16
*Mainan tradisional engrang (Sumber : Instagram ari_setiyawann)

Kamu suka bermain dan mengetahui engrang? Pengalaman saya yang beberapa kali ke Desa Muara Madras (Ibukota Kecamatan Jangkat), anak-anak desa suka bermain engrang loh. Kalau dilihat-lihat seru juga yah permainan tradisional ini, tapi sayangnya saya tidak bisa memainkannya, karena lebih suka sama engklek, kelereng dan petak umpet (ngeles hihi)

10. Ada Penginapan Juga Loh

Khawatir dengan keselamatan dan kesehatan perjalanan kamu? Hei ini masih di Indonesia kok, dengan masyarakatnya yang ramah, kamu gak perlu takut akan tidak bisa tidur, masyarakat di Kecamatan Jangkat juga sangat ramah dan saya mengalaminya sendiri ketika kelimpungan enggak tau mau nginap dimana, maklum waktu itu modal nekat. Di Kecamtan Jangkat khususnya Desa Muara Madras menyediakan penginapan juga loh yang bisa kamu temukan di pinggir jalan dan bisa kamu gunakan untuk tinggal dan menikmati liburan dengan lebih puas.
Nah itulah beberapa ulasan mengenai destinasi wisata yang ada di kecamatan Jangkat, tertarik ?

Komentar

  1. Saya belum pernah menginjakkan kaki di Provinsi Jambi, Kak. Pengin juga, tapi memang selama ini belum pernah tahu tempat-tempat wisata yang oke. Boleh nih jadi rekomendasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti ada kesempatan untuk berkunjung ya kak :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).

Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat
Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Barat : Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang me…