Agar THR Jadi Berkah


THR

Udah nerima uang THR (Tunjangan Hari Raya) pasti seneng banget ya, apalagi yang sudah bekerja, hadirnya THR bisa jadi seperti angin segar yang dinanti-nanti yang buat napas pun jadi segar hehe.

Jumlah THR yang tidak sedikit pun emang bikin hati senang, saking senangnya bisa-bisa gak terasa itu uang THR habis dalam waktu sekejap saja.

Padahal sebenarnya uang THR yang didapat bisa di-manage dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari sifat boros dan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Bagaimana agar uang THR yang diterima jadi berkah dan jauh dari hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat? Berikut tips nya

1.  Belanjakan hanya untuk yang penting
Yaps kamu harus cek lagi apa yang menjadi kebutuhanmu serta apa yang hanya menjadi keinginanmu, kebanyakan orang akan gelap mata saat melihat uang di dompet dalam keadaan banyak, semuanya pengen dibeli padahal enggak terlalu penting.

Uang THR bisa digunakan untuk hal yang benar-benar dibutuhkan misalnya kue lebaran, baju lebaran serta keperluan mudik lebaran, itupun harus di cek lagi kebutuhannya agar tidak berlebihan, jika memang cuma butuh baju lebaran sebanyak 5 stel ya gak perlu beli sampai 10 stel kan ya.

2.  Dahulukan hutang dan zakat
Ini yang sangat penting, uang THR yang berlebih bisa dialokasikan untuk membayar hutang, jadinya hutang bisa terbantu dengan adanya uang THR, jadi bebas dari hutang dan uang yang didapat bisa jadi lebih berkah. Serunya menikmati lebaran tanpa adanya beban hutang ya. Selanjutnya zakat fitrah dan zakat mal juga jangan lupa disisihkan.

“Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga”. (HR. Ibnu Majah no. 2412. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih)

3.  Siapkan untuk sedekah atau bagi-bagi ke saudara
Nah jangan lupa sisihkan uang THR untuk bersedekah agar uang yang didapat berbekas menjadi pahala, kamu bisa kasih THR ke anak-anak yatim dan kaum dhuafa yang membutuhkan, atau bisa dibagi-bagikan ke saudara sebagai bentuk rasa syukur.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

Baca Juga : Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar'i? Begini Caranya Agar Istiqomah

4.  Simpan untuk tabungan / investasi
Untuk menabung, usahakan sisihkan uang THR dari awal sekali, karena kalau di akhir dijamin bakal susah nemuin uang THR yang tersisa, kalau bersisa pun bakal dipakai untuk jalan-jalan dan lain sebagainya.


Sekian tips memanfaatkan uang THR agar lebih berkah.
Semoga uang yang kita dapatkan dan kita belanjakan bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan ridho-Nya. Aamiin

Komentar

POPULAR POST