Langsung ke konten utama

Ramuan Kunyit untuk Atasi Nyeri Haid


ramuan-kunyit


Buat kamu para wanita, pernah gak sih mengalami nyeri yang sangat hebat di bagian rahim saat datang haid atau menstruasi? Sebagian perempuan pastinya pernah merasakan ya, kalau udah nyeri itu rasanya gak bisa ngapa-ngapain, semua aktivitas jadi terhambat, mood pun jadi gak baik. Bawaannya kesel dan pengen marah aja. Akibat nyeri ini pun bisa berdiam diri atau tidur-tiduran aja seharian.

Nyeri saat haid tentu jadi sangat mengganggu terutama bagi wanita yang bekerja atau memang sedang berada di aktivitas rutinnya, apalagi wanita dengan pekerjaan yang mengharuskan profesionalitas dan konsiten, sedangkan setiap bulan rata-rata setiap wanita akan mengalami haid.

Jadi aku ingin sedikit cerita tentang apa yang aku alami saat haid. Sejak kecil sebenarnya aku tidak begitu merasakan sakit saat haid, bahkan seringkali aku tak merasakan apapun, haid yang kualami jadi seperti tak mengalami apa-apa. Aku bahkan sampai heran dengan teman-temanku yang sangat mengeluhkan kondisi haidnya karena dia bisa sampai libur sekolah setiap haidnya datang, bayangkan bisa separah apa ya sakitnya sampai tidak bisa sekolah begitu.

Tak hanya itu, ada di antara teman-temanku yang mengusahakan dengan meminum berbagai produk-produk yang dijual khusus untuk nyeri haid, yang aku sendiri tidak pernah merasakan produk-produk itu sampai saat ini karena memang aku tidak butuh. Jadi ngeri kalau ngebayangin harus ketergantungan dengan obat-obatan setiap datang haid.

Namun seiring bertambahnya usiaku, semakin dewasa, aku malah jadi bisa merasakan sakitnya, meskipun sakit itu kurasakan hanya di hari pertama sampai hari kedua haid tidak sampai seterusnya, namun sangat berpengaruh terhadap aktivitasku, hal itu lalu membuatku bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi padaku.

Setelah aku mencari berbagai referensi tentang haid, maka dapat kusimpulkan ada beberapa bahan alami yang bisa membantu dalam mencegah nyeri haid, bahan yang paling populer adalah kunyit.

Kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn.. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah yang berwarna kuning dan merupakan tanaman obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. (sumber : Wikipedia)

Zat kurkumin dalam kunyit dapat meringankan berbagai macam rasa sakit, salah satunya saat pra menstruasi lewat proses neurotransmiter. Saat bereaksi dalam tubuh, kurkumin yang merupakan senyawa kimia akan memengaruhi otak dan melemahkan rasa sakit. Hal ini turut memengaruhi perubahaan suasana hati yang terjadi selama PMS (pra menstruasi sindrom). (sumber : klikdokter.com)

Dikutip dari hallosehat.com, ada banyak manfaat kunyit bagi wanita yang sedang menstruasi atau haid. Wanita yang sedang haid biasanya mengalami berbagai gejala yang kurang nyaman. Mulai dari sembelit, kram perut, pusing, sampai perubahan suasana hati. Untuk mengatasi berbagai gangguan yang dirasakan saat wanita menstruasi, kunyit bisa menjadi jawabannya, diantara manfaatnya adalah

1.  Melawan PMS
Sebelum mengalami haid, beberapa wanita akan mengalami pra menstruasi sindrom (PMS). PMS yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa sakit kepala, lemas, pilek, atau muncul jerawat. Untuk melawan berbagai gejala PMS tersebut, kunyit akan mendorong daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah berbagai gejala yang ada.

2.  Mengatasi kram perut
Kram perut saat haid terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim. Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai agen antiperadangan yang mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus.

3.  Mengatasi nyeri haid
Biasanya tak hanya perut yang terasa sakit ketika haid. Beberapa bagian tubuh lain seperti punggung bawah, panggul, atau payudara juga bisa terasa sangat nyeri. Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

4.  Mengatur siklus haid
Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Selain itu, aliran darah menstruasi pun bisa jadi lebih deras atau lebih sedikit. Kunyit pun akan memicu haid secara aman dan alamiah karena makanan super ini dikenal sebagai sumber estrogen yang baik bagi wanita haid.

5.  Mengurangi mood swing dan depresi
Perubahan hormon yang terjadi pada saat wanita mengalami haid bisa menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. bisa jadi mudah marah, sedih, atau mudah tersentuh alias baper. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amsterdam, Belanda menunjukkan bahwa kunyit berkhasiat sebagai antidepresi alami yang mampu membantu mengendalikan emosi saat haid. Kurkumin dalam kunyit akan menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga Anda pun terhindar dari mood swing, depresi, dan gangguan tidur yang kerap terjadi saat wanita mendapat haid.

6.  Mencegah infeksi
Menstruasi bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina. Kunyit bisa menjadi andalan untuk menghentikan dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Kunyit berfungsi sebagai agen antijamur dan antiseptik alami yang ampuh menjaga kesehatan vagina.

7.  Meredakan perut kembung dan sembelit
Kunyit untuk wanita haid juga ampuh meredakan kembung dan sembelit.  Kunyit  berkhasiat untuk melancarkan pencernaan berkat fungsinya yaitu antimikroba, antioksidan, dan antiperadangan.


Dari sekian banyak manfaat kunyit itu, aku jadi ingat kalau sejak kecil sering diberikan oleh orang tuaku ramuan kunyit yang dicampur dengan daun pepaya saat aku sedang demam atau tidak bernafsu makan.  Ramuan itu nyatanya sangat ampuh mengembalikan nafsu makan dan menyembuhkan demamku. Sementara itu semenjak aku beranjak dewasa dan mulai jauh dari orang tua karena merantau untuk mengenyam pendidikan, aku sudah sangat amat jarang mengonsumsi ramuan itu lagi, aku pun tak pernah lagi mengonsumsi ramuan-ramuan apapun sejenisnya, dan oleh karena itu aku berkesimpulan bahwa itulah yang menyebabkan kemunculan nyeri yang aku rasakan saat haid.

Apakah kamu pernah mengalaminya juga? Jika pernah mari kita coba untuk mengonsumsi ramuan kunyit secara rutin untuk mengurangi nyeri haid.

Di sini aku akan membagikan salah satu ramuan kunyit yang aku buat untuk mengatasi nyeri haid sekaligus melancarkan keluarnya darah haid.


Yuk simak tutorial di bawah ini  ya…

ramuan-kunyit
kunyit dan jahe merah
Pertama-tama siapkan bahan utama yakni kunyit. Aku menambahkan jahe merah agar saat diminum, perut akan terasa hangat dan nyaman nantinya. Kupas kunyit dan jahe merah secukupnya, gambar di atas adalah sampel, nyatanya aku menggunakan dua kali lipat dari bahan-bahan di atas untuk hasil  1 gelas. Jadi siapkan 6 buah kunyit ukuran kelingking dan jahe merah ukuran jempol.
 
hasil blender kunyit dan jahe merah
Blender kunyit dan jahe merah tersebut lalu kumpulkan



seduhan hasil blenderan jahe dan kunyit merah dengan air panas
 Seduh hasil blenderan kunyit dan jahe merah tadi dengan air panas.



 
asam-jawa
asam jawa

 Masukkan asam jawa sebanyak 3 buah ukuran kecil.




ramuan-kunyit
 Tutup wadah dan rendam selama lebih kurang 15 menit
  
saringan
saringan
Saring rendaman jahe dan kunyit tadi.


madu
madu
 Tambahkan madu 1 sendok teh


Ramuan kunyit siap dihidangkan, sebaiknya minum segera saat ramuan masih hangat.


Sekian cara membuat salah satu ramuan dari kunyit, semoga bisa membuat nyeri haid yang dirasakan berkurang ya, dan lakukan konsumsi minuman herbal ini secara rutin agar lebih terasa manfaatnya. Semoga artikel ini membantu.
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Hijrah Ke Pakaian Syar’i? Begini Caranya Agar Istiqomah

Kini kata “hijrah” sudah booming banget ya, oleh karena itu dimana-mana akan mudah kamu temukan cerita, tulisan atau pengalaman orang-orang tentang hijrahnya. Ada cerita dengan alur yang begitu mulus, cerita yang biasa-biasa saja hingga cerita yang begitu pelik dan penuh drama.
Iya, setiapinsan pasti punya cerita hijrahnya sendiri, itupun kalau berani memulainya, jikalau tidak berani memulai maka cerita itu tidak akan aada.
Sebenarnya, apa itu hijrah? Hijrah secara harfiah berarti “meninggalkan”, dan sering diartikan meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke sesuatu yang lebih baik. Sangat mudah memahami arti kata hijrah ini, jika kita saat ini sedang menjalani sesuatu yang buruk dan tidak disukai oleh Allah SWT maka kita harus hijrah dengan melakukan sesuatu yang baik dan disukai oleh Allah SWT.
Ada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah: "Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah …

Bijak dalam Konsumsi Pangan, Bantu Pertahankan Keanekaragaman Hayati demi Sumber Pangan dan Kesehatan

Semakin waktu bergulir maka era pun semakin modern dimana kini mayoritas masyarakat di dunia cenderung menerapkan gaya hidup serba instan dan jauh dari kebiasaan masa lampu, tak terkecuali soal pangan. Kini, tak sedikit masyarakat yang tidak mementingkan dari mana makanan mereka berasal, yang penting hanyalah bagaimana mereka bisa melepaskan rasa lapar melalui makanan-makanan yang enak, mahal atau bahkan makanan yang ter-update.

Mari kita sejenak menelisik ke masa-masa lampau dimana saat itu manusia mengolah makanan dengan rangkaian proses yang panjang. Memang mungkin kamu yang membaca ini tidak pernah merasakan bagaimana proses membuat makanan dari nol tapi kita tahu dari sejarah atau cerita orang tua bahwa dahulunya masyarakat memulai semuanya dari kegiatan menanam, memelihara, memanen, menjemur atau mengeringkan, menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga mengolahnya sampai menjadi makanan yang siap disantap, semuanya memerlukan proses yang bersinergi dengan alam sebagai tem…

Ke Kabupaten Bungo? Ini 20 Rekomendasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayah 4.659  km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010). Kabupaten ini ber-ibu kota di Muara Bungo. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten ini terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah di antaranya sektor perkebunan yang ditopang oleh karet dan kelapa sawit dan sektor pertambangan ditopang oleh batubara. Selain itu Kabupaten Bungo juga kaya akan emas yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bungo (Wikipedia. Diakses 2019).

Batas-batas wilayah Kabupaten Bungo adalah sebagai berikut:


Utara : Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat
Selatan : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Barat : Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Timur : Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kota Bungo mengalami perkembangan yang semakin pesat akhir-akhir ini terlebih sejak berdirinya Bandar Udara Muara Bungo yang me…